• Home
  • Under Cover
  • Proyek Tutup Sampah Dinas Kebersihan Pemko Medan Berbau Korupsi
Bank Sumut

Proyek Tutup Sampah Dinas Kebersihan Pemko Medan Berbau Korupsi

Kamis, 27 Okt 2016 21:04
Dibaca: 698 kali
istimewa
Kantor Pemko Medan.

DINAMIKARAKYATCOM - Polda Sumut tengah mendalami dugaan mark-up pengadaan tenda penutup bak sampah senilai Rp 1,4 miliar di Dinas Kebersihan Kota Medan. Dana bersumber dari P-APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2015.

Informasi ini dibenarkan oleh salahsatu petugas Ditreskrimsus yang dihubungi wartawan, tentang adanya dugaan mark up dalam penyelenggaraan keuangan negara, sebagaimana termaktub dalam UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Poldasu melakukan penyelidikan, karena adanya laporan dari masyarakat.

Begitupun, Polda Sumut belum ada metapkan tersangka dalam kasus dugaan mark-up pengadaan tenda, dengan pemenang lelang CV Putra Ronggolawe dan pendamping CV. Batang Gadis.  

Dalam lelang dengan pagu Rp 1.425.183.424,00 dan HPS Rp 1.423.378.000,00, CV Ronggolawe memenangkan tender dengan penawaran Rp 1.415.260.000,00, menguggguli rivalnya dari CV. Batang Gadis yang menawar Rp 1.271.001.600,00.



CV Batang Gadis tanpa keterangan tidak hadir dalam acara klarifikasi dan pembuktian kualifikasi. "Masih proses lidik," ujar Kompol Malto S. Datuan lewat pesan singkat elektronik selulernya, Rabu (26/10/2016) malam, saat ditanyakan apakah penyidik telah menetapkan status tersangka, terhadap E. Sianturi atau H. Ria yang menggunakan CV. Ronggolawe Putra.

Sebelumnya, Kadis Kebersihan Kota Medan Endar Sutan Lubis yang dikonfirmasi mengarahkan agar menemui Ikhwan, staffnya. "Saya sedang di DPRD ada paripurna, coba hubungi Ikhwan. Nanti dia yang menjelaskan", sebut Endar.

Ikhwan yang ditemui wartawan, membenarkan jika pihaknya telah dimintai keterangan oleh penyidik Polda Sumut terkait dugaan mark-up dalam proyek tenda penutup bak sampah. Namun Ikhwan menyebutkan tidak ada masalah, sebab pihaknya hanya sebagai penerima barang.

Meskipun Edison. S, dari CV Ronggolawe menyerahkan barang yang dibeli dari Jakarta, dan bukan dari pemberi dukungan pekerjaan yakni perusahaan dari Medan. Tenda yang dikerjakan sebanyak 740 buah, sementara angkutan sampah mencapai 250 truk.

Menurut Ikwan setiap truk masing-masing punya 3 tenda penutup bak sampah.  "Memang ada Edison dan temannya itu (Heni R) bicara di sini (Dinas Kebersihan). Ya itu urusan mereka, kami sebagai penerima barang tentunya tidak mempermasalahkan barang yang kami terima dari mana. Tidak ada masalah, sewaktu saya masih dinas di Sergai juga seperti itu," ujar Ikhwan, saat ditanyakan mengapa pihaknya melakukan pembayaran, meskipun ada perbedaan nama antara penyedia barang (perusahaan pemberi dukungan), dengan perusahaan yang menyerahkan barang.



"Kami tidak urusi masalah Edison S dengan temannya itu, kami mana tahu," kilah Ikhwan.

Sementara, Heni R sebagai pihak yang disebutkan member dukungan kepada Edison S dari CV Ronggolawe, dalam lelang, mengatakan tidak tahu sama sekali adanya pekerjaan pengadaan tenda penutup bak sampah.

"Iya, nama dan stempel pekerjaan awakpun dipalsukannya (Edison S). Saya tahunya ada pekerjaan, itupun setelah dipanggil polisi. Mana pernah saya memberikan dukungan perusahaan untuk peserta lelang," sebut Heni R, kepada wartawan, Kamis (27/10/2016).

Dari kawasan Jalan Mahkamah Medan, diketahui untuk tenda sejenis biasanya para pembuat tenda mengenakan harga antara Rp 1 juta hingga Rp 1,3 juta rupiah, tergantung dari bahan tenda.

Edison S ataupun CV Batang Gadis sebagai pendamping pemenang lelang yang tidak hadir dalam klarifikasi dan pembuktian kualifikasi, sampai saat ini belum terkonfirmasi. (art/drc)


T#g:
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Jan 2017 15:55

    Tim Saber Pungli OTT PNS Kecamatan Medan Labuhan di Bank Sumut Cabang Belawan

    Mendapat informasi tersebut Tim Saber Pungli menjumpai Zainun disebuah kedai di Jalan Titi Papan, Kecamatan Labuhan Deli untuk mengetahui informasi tersebut.

  • Rabu, 21 Des 2016 16:59

    Fasilitasi 2 WNA China Masuk Indonesia, Densus 88 Tangkap Jaringan Bahrun Naim

    DINAMIKARAKYATCOM - Seorang terduga teroris Syafii (27) diamankan Densus 88 dari sebuah rumah di Jalan Delitua, Dusun III Ajibaho, Kecamatan Sibiru-biru, Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (21/12/2016)

  • Selasa, 20 Des 2016 21:26

    Sakit Jiwa, Aiptu Hamonangan Lubis Tidak Lulus Perwira

    DINAMIKARAKYATCOM - Gara-gara mengalami gangguan jiwa atau depresi, Aiptu Hamonangan Lubis, menjadi satu-satunya personel polisi yang dinyatakan tidak lulus dalam Pendidikan Alih Golongan dari Bintara

  • Senin, 19 Des 2016 20:53

    Data Intelkam: Hanya 4 Distributor Petasan Yang Kantongi Izin di Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Polda Sumut memastikan hanya empat distributor yang mengantongi izin perdagangan petasan atau mercon sesuai dengan data dari Intelkam."Data dari Intelkam Polda Sumut yang kita teri

  • Senin, 19 Des 2016 20:33

    Polisi Antisipasi Sweeping Atribut Sinterklas di Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memberikan atensi kepada pimpinan Polres sejajaran untuk mengantisipasi adanya aksi sweeping.Hal itu menyikapi keluarnya fatwa haram da

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir