• Home
  • Politik
  • Rumah Sakit USU Harus Berazaskan Pancasilan
Bank Sumut

Rumah Sakit USU Harus Berazaskan Pancasilan

Oleh: Admin
Senin, 09 Jan 2017 21:28
Dibaca: 120 kali
Menteri Mohammad Nasir dan Gubernur Sumut Erry Nuradi serta rektor USU dan lainnya.
DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menyampaikan, perolehan akreditasi Paripurna Bintang Lima yang diterima RS USU adalah kebanggaan bagi masyarakat Sumut.

Dengan pencapaian tersebut diharap RS USU dapat mewujudkan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat dan didukung dengan sumber daya manusia (SDM) dan penggunaan teknologi yang baik.

"Kita warga Sumut merasa bangga RS USU menerima akreditasi paripurna bintang lima. Sebagai alumni USU dan Ketua Ikatan Alumni USU, hari ini saya merasa bangga RS USU sudah mampu mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Saya berharap RS USU mendukung terwujudnya rumah sakit dengan standar internasional di Sumut," ujar Erry dalam peresmian Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr Mansyur, Medan, Senin (9/1/2017).

Dengan kehadiran RS USU diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tengah tingkat pertumbuhan kamar di rumah sakit cukup tinggi karena dipenuhi pasien. Oleh karenanya RS USU harus bisa mengejar teknologi baru ditengah tantangan yang semakin banyak.

Dikatakan Erry sesuai dengab UU No. 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit dikatakan bahwa penyelenggaran rumah sakit harus berazaskan Pancasila dan berdasarkan nilai-nilai kemanusia yang tidak memandang suku bangsa, agama, status sosial, dan ras.

"Nila-nilai etika dan profesionalisme juga merupakan yang utama dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat," terangnya.

Erry menjelaskan kondisi yang terjadi saat ini bahwa masih banyak masyarakat yang lebih memilih berobat ke luar negeri seperti ke Penang, Kuala Lumpur maupun ke Singapura. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi rumah sakit USU untuk membuktikan kalau rumah sakit di Sumut tidak kalah dengan rumah sakit di luar negeri.

"Saya berharap RS USU ini memiliki organisasi yang efektif, efesien dan akuntable sehingga mencapai visi dan misi rumah sakit dengan menjalankan tata kelola ramah sakit yang baik. Dengan adanya rumah sakit yang bagus termasuk USU akan memberikan kepercayaan diri kita kalau rumah sakit kita tidak kalah dengan yang di luar negeri itu ," harapnya.

Erry menyarankan penyelenggaraan rumah sakit USU perlu audit kinerja dan audit medis yang dapat dilalukan ditingkat internal dan eksternal, guna meningkatkan mutu pelayanan oleh karenanya wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal tiga tahun sekali oleh lembaga independen.

"Selain itu juga diperlukan pembentukan dewan pengawas rumah sakit yang bersifat non struktural. Untuk dewan pengawas ini keanggotaannya bisa dari unsur rumah sakit, organisasi profesi dan tokoh masyarakat," terangnya. (art/drc)

T#g:gubsumenristekPemprovsuusu
Berita Terkait
  • Kamis, 19 Jan 2017 20:55

    Fakultas Kedokteran USU Akan Gelar Festival Peneliti Muda Skala Nasional

    Scripta Research Festival merupakan kegiatan ilmiah oleh peneliti-peniliti muda dengan cabang perlombaan, di antaranya perlombaan penelitian, video edukasi dan simposium.

  • Selasa, 17 Jan 2017 21:04

    Gubernur Sumut Instruksikan BKD Berikan Penilain Kepada ASN

    ASN perlu menghafal dan mengamalkan isi dari Panca Prasetya Korpri agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal bahkan lebih baik.

  • Selasa, 17 Jan 2017 01:29

    Ajib Shah Cs Akan Hadir di Pengadilan Tipikor Medan Untuk Bersaksi

    Saksi yang akan dihadirkan KPK adalah ‎Ajib Shah, Chaidir Ritonga, dan Kamaluddin Harahap. Ketiga saksi merupakan tahanan KPK dengan kasus yang sama.

  • Senin, 16 Jan 2017 23:26

    Kejari Medan Keluarkan DPO Koruptor SMK Negeri Binaan Pemprov Sumut

    Kejari Medan sudah memburuh keberadaan Imam Baharianto hingga ke Yogyakarta dengan sistem jemput paksa.

  • Senin, 16 Jan 2017 23:14

    Paten! USU Jadi Panitia Pertemuan Nasional Tim Medis

    Seperti kegiatan Pertemuan Tahunan Tim Medis (TBM) Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedoktoran Universitas Sumatera Utara (USU) pada 24 hingga 28 Februari 2017 mendatang.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir