Stop Pukat

  • Home
  • Politik
  • Jaga NKRI, Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Benteng Medan
Bank Sumut
Rabu, 30 November 2016 | 23:50:59

Jaga NKRI, Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Benteng Medan

istimewa
Apel Nusantara Bersatu.
Share

DINAMIKARAKYATCOM - Ribuan warga dari berbagai kalangan, pelajar, tokoh pemuda, ulama, dan unsur TNI-Polri, mengikuti Apel Nusantara Bersatu dengan tema Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhineka Tunggal Ika di Lapangan Benteng, Medan, Rabu (30/11/2016).

Peserta apel tampak kompak menggunakan ikat kepala dengan pita merah putih. Termasuk Gubernur Sumut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Kapolda Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Danantamal I Belawan Laksma Robert Wolter Tappangan, mantan gubernur Syamsul Arifin, Ketua FKPPI Sumut Khairuddin Syah Sitorus (Haji Buyung), Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kapolrestabes Medan, Dandim 0201/BS, anggota DPRD, tokoh dan pemuka agama, pimpinan ormas/OKP.

Gubernur Sumut Erry Nuradi mengatakan, arus globalisasi yang diwarnai penggunaan internet dan media sosial (medsos) turut menyumbang kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan kearifan lokal.


Sehingga ada sebahagian memandang keragaman dan kebhinekaan yang dimiliki Indonesia sebagai hal yang mau dirusak. Oleh karenanya menjadi tugas kita bersama untuk membentengi upaya yang ingin memecahbelah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mempertahankan NKRI bukan hanya tugas Polri dan TNI, tetapi tugas kita bersama. Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, termasuk FKPPI. Pancasila harus tetap membumi dan menjadi Way of Life bangsa Indonesia," ucap Gubernur.

Erry menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tinggi atas terselenggaranya Apel Nusantara Bersatu yang digagas FKPPI Sumut. Erry berharap kegiatan yang dilakukan ini menjadi contoh dan diikuti oleh elemen-elemen masyarakat lainnya dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Kita patut bersyukur dan berbesar hati bahwa Indonesia memiliki kemajemukan dan toleransi yang tinggi. Apalagi Sumut merupakan miniatur Indonesia dan menjadi rule model dalam penerapan demokrasi dan toleransi," ujar Erry.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mendukung kegiatan Apel Nusantara Bersatu yang digagas oleh pemuda di Sumatera Utara.

"Ini ide anak muda yang ada di Sumatera Utara, Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika. Kami datang sebagai orang tua. Ini harus dilestarikan. Ini kegiatan luar biasa. Indonesia satu tidak akan ada negara manapun yangbisa mengoyahkan. Kita perlu ingat kekuatan Indonesia adalah di Kebhinekaannya. Sehingga itu tidak boleh tercerai-berai," kata Pusung.

Tokoh agama Syekh Ali Akbar Marbun, menuturkan acara seperti ini dapat menumbuhkan rasa keharmonisan masyarakat dan tokoh agama dengan pemerintah.


"Kegiatan ini harus dilestarikan. Lihatlah hari ini masyarakat, Pangdam dan Ulama dengan Kapolda semuanya bersatu. Jadi kita tidak bisa dipecah-pecah orang. Kalau kita bersatu dalam negeri ini yang di luar itu tidak bisa memecahbelah kita. Kita harapkan selalu ini dilestarikan," ujarnya.

Sementara Ketua PD FKPPI Sumut Kharuddin Syah Sitorus mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketentraman dan ancaman terhadap keutuhan NKRI. Apalagi saat ini Indonesia sedang diuji dan sebagai warga negara patut mewaspadai setiap gerakan dan upaya memecah belah bangsa.

"Kita tidak boleh tercerai-berai. Kita harus waspada, jika kita tidak bersatu ancaman itu bisa saja menjadi kenyataan. Sejarah panjang membuktikan bahwa kemerdekaan ini dapat diraih karena bersatu," katanya.

Kegiatan Nusantara Bersatu dirangkai dengan parade Drum Band dari Kodam I BB, dan atraksi budaya menampilkan tarian dari berbagai etnis yang ada di Sumatera Utara. (art/drc)

Terkait Lainnya
  • 25 menit lalu

    Pesan Kapolda Sumut Pada Personil Satgas Evakuasi Gempa Aceh

    DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melepas Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan Bencana Alam sebanyak 221 personel. Satgas tersebut j

  • satu jam lalu

    Daftar Pejabat Utama Polda Sumut Yang Dimutasi

    DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melantik sejumlah pejabat utama dan kapolres dan kapolrestabes, Kamis (8/12/2016). Ia meminta p

  • 2 jam lalu

    Kapolda Sumut Minta Pejabat Utama Untuk Waspada Jelang Natal dan Tahun Baru 2017

    DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meminta kepada pejabat yang baru dilantik sebagai pejabat utama dan Kapolres dan kapolrestabes

  • 24 jam lalu

    Pembobol Rumah Polisi Ditangkap Timsus Intel Brimob

    DINAMIKARAKYATCOM - Tim Khusus (Timsus) Polda Sumut meringkus kawanan spesialis pembobol rumah kosong. Pelaku yang sudah 3 kali beraksi ini juga membobol rumah

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2016 Dinamika Rakyat. All Rights Reserved