• Home
  • Politik
  • Bangun Kerjasama Bilateral, 16 Diplomat Uni Eropa Kunjungi Sumatera Utara
Bank Sumut

Bangun Kerjasama Bilateral, 16 Diplomat Uni Eropa Kunjungi Sumatera Utara

Rabu, 19 Okt 2016 19:56
Dibaca: 207 kali
istimewa
16 Diplomat Uni Eropa dan Gubernur Sumut di rumah dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Medan.

DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengapresiasi kunjungan kerja 16 Diplomat Uni Eropa, di antaranya tujuh duta besar bersama wakil ke Medan. Kunjungan kerja tersebut menjadi momentum peningkatan kerjasama berbagai bidang antara Sumut dan negara-negara Uni Eropa.

"Sumut memiliki kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke untuk industri sawit dan turunannya di Simalungun. Selain itu Sumut memiliki Bandara Kualanamu juga Pelabuhan Belawan. Sumut juga memiliki Pelabuhan Kualatanjung di Kabupaten Batubara," terang Erry kepada 7 Duta Besar dan delegasi Uni Eropa, di rumah dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, No. 41, Rabu (19/10/2016).

Erry mengajak para delegasi Uni Eropa untuk mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir yang merupakan pusat dari kebudayaan Batak Toba. "Saya mengajak para delagasi untuk dapat mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir," kata Erry.




Sumut dan Kota Medan memiliki keunikan disamping jumlah penduduk yang cukup besar. Inilah yang menjadi ketertarikan 16 Diplomat Uni Eropa datang selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (19-21/10/2016).

Kunjungan kerja tersebut dipimpin Duta Besar Uni Eropa dari Prancis Vincent Guerend. Diplomat lainnya di antaranya Duta Besar Austria Helene Steinhausl, Duta Besar Yunani Georgios Dogoritis, Duta Besar Irlandia Kyle O’Sullivan, Duta Besar Italia Vittorio Sandalli.

Kemudian, Duta Besar Hongaria Judit Nemeth-Pach dan Duta Besar Slovakia Michal Slivovic. Selain itu juga turut dihadiri wakil duta besar dari berbagai negara Uni Eropa.

Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend mengatakan, Medan merupakan kota ketiga yang mereka kunjungi setelah Bandung dan Surabaya. Selama ini, kata Vincent, Uni Eropa memiliki kepentingan kerjasama bilateral dengan pemerintah Indonesia di Jakarta.

Namun Uni Eropa juga berkeinginan untuk melihat langsung daerah-daerah di Indonesia terutama yang berada di luar Pulau Jawa.

"Kami menilai Kota Medan memiliki keunikan budaya tersendiri, begitu juga dengan ekonominya. Sumut juga merupakan provinsi yang strategis, karena memiliki laut juga hutan. Kami ingin melihat langsung dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dengan Provinsi Sumut," ujar Vincent.

Kepada Gubernur Sumut, Vincent Guerend mengatakan, hari pertama mereka ke Sumut untuk melakukan diskusi dengan masyarakat sipil tentang HAM, toleransi antar umat beragama, lingkungan hidup dan pendidikan.




Mereka juga membuka pameran beasiswa Uni Eropa yang digelar di Hotel Aryaduta. Selain bertemu Gubernur Sumut, Diplomat Uni Eropa itu juga bertemu dengan anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Cabang Sumut.

Hari kedua, meraka akan mengunjungi situs kebudayaan seperti Gereja Katedral dan Istana Maimun. Selain itu juga akan menyelenggarakan seminar tentang kepariwisataan berkelanjutan di USU. Diplomat Uni Eropa juga mengunjungi Pelabuhan Belawan, PT. Pelindo I, untuk mengetahui kegiatan pelabuhan khususnya transportasi dan konektivitas kawasan.

"Hari ketiga, kami akan mengunjungi Unit Konservasi Gajah di Tangkahan, Langkat," kata Vincent Guerend.

Siketahui, Uni Eropa telah memberikan dukungan substansial untuk ekosistem leuser. Uni Eropa sebelumnya sudah mengadopsi bayi gajah yang diberi nama 'Eropa' sebagai mascot Uni Eropa di Indonesia tahun 2015. (art/drc)

T#g:gubsu
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jan 2017 01:29

    Ajib Shah Cs Akan Hadir di Pengadilan Tipikor Medan Untuk Bersaksi

    Saksi yang akan dihadirkan KPK adalah ‎Ajib Shah, Chaidir Ritonga, dan Kamaluddin Harahap. Ketiga saksi merupakan tahanan KPK dengan kasus yang sama.

  • Sabtu, 14 Jan 2017 16:40

    Gubernur Sumut: Ummat Islam Harus Selalu Mencontoh Sikap dan Prilaku Nabi Muhammad

    Ketauladan yang telah dicontohkan Rasulullah dan amalan kepada Allah SWT karena sebagai hamba yang senantiasa harus mengabdikan diri kepada-Nya, harus kita contoh.

  • Jumat, 13 Jan 2017 23:38

    60 Pejabat Eselon III Dilantik dan Dikukuhkan: Raja Indra Saleh Sekretaris BPKAD Provsu

    Pelantikan dan pengukuhan ini dilakukan untuk yang kedua kalinya setelah PP 18 Tahun 2016 diperdakan oleh Pemprov Sumut.

  • Jumat, 13 Jan 2017 00:33

    Gubernur Sumut Dukung Rakernas Persaudaraan Haji di Sumatera Utara

    IPHI Sumut cukup potensial jika melakukan kegiatan ekonomi Syariah.

  • Rabu, 11 Jan 2017 23:43

    Permatani Canangkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

    Semua komponen masyarakat yakni dari kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi menjadi surplus.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir