Stop Pukat

  • Home
  • Politik
  • Bangun Kerjasama Bilateral, 16 Diplomat Uni Eropa Kunjungi Sumatera Utara
Bank Sumut
Rabu, 19 Oktober 2016 | 19:56:46

Bangun Kerjasama Bilateral, 16 Diplomat Uni Eropa Kunjungi Sumatera Utara

istimewa
16 Diplomat Uni Eropa dan Gubernur Sumut di rumah dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Medan.
Share

DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengapresiasi kunjungan kerja 16 Diplomat Uni Eropa, di antaranya tujuh duta besar bersama wakil ke Medan. Kunjungan kerja tersebut menjadi momentum peningkatan kerjasama berbagai bidang antara Sumut dan negara-negara Uni Eropa.

"Sumut memiliki kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke untuk industri sawit dan turunannya di Simalungun. Selain itu Sumut memiliki Bandara Kualanamu juga Pelabuhan Belawan. Sumut juga memiliki Pelabuhan Kualatanjung di Kabupaten Batubara," terang Erry kepada 7 Duta Besar dan delegasi Uni Eropa, di rumah dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, No. 41, Rabu (19/10/2016).

Erry mengajak para delegasi Uni Eropa untuk mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir yang merupakan pusat dari kebudayaan Batak Toba. "Saya mengajak para delagasi untuk dapat mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir," kata Erry.




Sumut dan Kota Medan memiliki keunikan disamping jumlah penduduk yang cukup besar. Inilah yang menjadi ketertarikan 16 Diplomat Uni Eropa datang selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (19-21/10/2016).

Kunjungan kerja tersebut dipimpin Duta Besar Uni Eropa dari Prancis Vincent Guerend. Diplomat lainnya di antaranya Duta Besar Austria Helene Steinhausl, Duta Besar Yunani Georgios Dogoritis, Duta Besar Irlandia Kyle O’Sullivan, Duta Besar Italia Vittorio Sandalli.

Kemudian, Duta Besar Hongaria Judit Nemeth-Pach dan Duta Besar Slovakia Michal Slivovic. Selain itu juga turut dihadiri wakil duta besar dari berbagai negara Uni Eropa.

Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend mengatakan, Medan merupakan kota ketiga yang mereka kunjungi setelah Bandung dan Surabaya. Selama ini, kata Vincent, Uni Eropa memiliki kepentingan kerjasama bilateral dengan pemerintah Indonesia di Jakarta.

Namun Uni Eropa juga berkeinginan untuk melihat langsung daerah-daerah di Indonesia terutama yang berada di luar Pulau Jawa.

"Kami menilai Kota Medan memiliki keunikan budaya tersendiri, begitu juga dengan ekonominya. Sumut juga merupakan provinsi yang strategis, karena memiliki laut juga hutan. Kami ingin melihat langsung dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dengan Provinsi Sumut," ujar Vincent.

Kepada Gubernur Sumut, Vincent Guerend mengatakan, hari pertama mereka ke Sumut untuk melakukan diskusi dengan masyarakat sipil tentang HAM, toleransi antar umat beragama, lingkungan hidup dan pendidikan.




Mereka juga membuka pameran beasiswa Uni Eropa yang digelar di Hotel Aryaduta. Selain bertemu Gubernur Sumut, Diplomat Uni Eropa itu juga bertemu dengan anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Cabang Sumut.

Hari kedua, meraka akan mengunjungi situs kebudayaan seperti Gereja Katedral dan Istana Maimun. Selain itu juga akan menyelenggarakan seminar tentang kepariwisataan berkelanjutan di USU. Diplomat Uni Eropa juga mengunjungi Pelabuhan Belawan, PT. Pelindo I, untuk mengetahui kegiatan pelabuhan khususnya transportasi dan konektivitas kawasan.

"Hari ketiga, kami akan mengunjungi Unit Konservasi Gajah di Tangkahan, Langkat," kata Vincent Guerend.

Siketahui, Uni Eropa telah memberikan dukungan substansial untuk ekosistem leuser. Uni Eropa sebelumnya sudah mengadopsi bayi gajah yang diberi nama 'Eropa' sebagai mascot Uni Eropa di Indonesia tahun 2015. (art/drc)

Terkait Lainnya
  • kemarin

    GNPF MUI Medan Apresiasi Pernyataan Sikap Gubernur Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Koordinator Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Medan Prabu Alam memberikan apresiasi atas pernyataan sikap G

  • 2 hari lalu

    Gubernur Sumut Ingatkan Reformasi Keuangan Pemerintah Daerah

    DINAMIKRAKYATCOM - Pemerintah daerah harus mencari cara dan mekanisme untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

  • 2 hari lalu

    Erry Nuradi Penanggung Jawab Satgas Saber Pungli Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara resmi membentuk Satgas Saber Pungli sekaligus penandatanganan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Pelayanan

  • 2 hari lalu

    Listrik Terapung Investor Korea di Danau Toba Beroprasi Maret 2018

    DINAMIKARAKYATCOM - Rencana investor asal Korea Environmental Industy dan Technology Instute (KEITI) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di perai

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2016 Dinamika Rakyat. All Rights Reserved