• Home
  • Metropolis
  • SOCP dan BKSDA Sita Orangutan Bernama Matesi dari Pemilik Rumah Makan di Deliserdang
Bank Sumut

SOCP dan BKSDA Sita Orangutan Bernama Matesi dari Pemilik Rumah Makan di Deliserdang

Oleh: Admin
Jumat, 06 Jan 2017 20:32
Dibaca: 89 kali
istimewa
Orangutan Matesi.
DINAMIKARAKYATCOM - Sumatran Oragutan Conservation Programme (SOCP) ‎bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut mengamankan seekor bayi orangutan dari sebuah rumah makan Dapur Saji di Ialan Pertahanan, Patumbak, Kabupaten Deliserdang, Jum'at (6/1/2017).

‎"SOCP bersama BKSDA menyita seekor Orangutan di rumah makan Dapur Saji, Patumbak. Pemilik bermaksud menyerahkan Orangutan ini kepada kita. Kemudian, kita tindaklanjuti lagi," sebut Yenni Saraswati selaku Dokter Hewan Senior SOCP kepada wartawan.

Pemilik Orangutan yang enggan disebutkan namanya, menerima Orangutan berusia satu tahun ini dari temannya pada minggu lalu.

"Kemudian pemilik berniat menyerahkan Orangutan ini. Kami sita langsung untuk dilakukan tindakkan," jelas Yenni.

Kondisi Orangutan dengan jenis betina dalam keadaan memperhatikan. Dengan itu akan dilakukan chek kesehatan dan rehabiltas Orangutan.

‎"Kondisinya sangat memprihatinkan dengan luka di dahi bagian kanan. Dari kondisi keseluruhan kekurangan cairan dan perut buncit, kemungkinan Orangutan itu cacingan," kata Yenni.

Orangutan yang diamankan bernama Matesi‎. Upaya selanjutnya, kata Yenni, akan dilakukan observasi terhadap orangutan milik SOCP di Desa Batu Mbelin Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

"Kita akan lakukan perawatan dengan memperbaiki pola makannya. Kita akan pengkandangan isolasi dan melakukan pengecekan medical untuk melihat penyakitan atau tidak," tuturnya.

Orangutan ini dipelihara pemilik sebelumnya sekitar 4 bulan. Karena sakit, kemudian diserahkan kepada pemilik yang terakhir.

"Sifat Orangutan ini masih takut dengan orang-orang dan terlihat masih mau menggigit," tandasnya. (art/drc)

T#g:bksdabksda sumutorangutansocp
Berita Terkait
  • Rabu, 27 Jul 2016 22:08

    Kenapa Orangutan Sangat Diminati Warga Asing? Ini Kata Ketua JAAN

    DINAMIKARAKYATCOM - Tim Mabes Polri berkerjasama dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) berhasil mengamankan empat satwa primata di Jalan SM Raja, tepat di depan Masjid Raya Al Mashun, Medan. Dari e

  • Kamis, 12 Mei 2016 19:47

    Ada Elang Hitam di Kebun Binatang Medan

    DINAMIKARAKYATCOM - Ada burung Elang Hitam di Kebun Binatang Medan. Burung ini sekarang dilindungi oleh pemerintah karena sudah langka habitatnya.Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilay

  • Senin, 18 Jan 2016 22:29

    Langkat Miliki Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

    DINAMIKARAKYAT.COM, Langkat - Plt Gubsu Tengku Erry Nuardi mengatakan Kabupaten Langkat memiliki potensi wisata terkenal hingga mancanegara. Objek wisata Bukit Lawang dan habitar orangutan serta pusat

  • Jumat, 18 Sep 2015 20:25

    4 Penjual Kulit Harimau Ditangkap di Hotel

    DINAMIKARAKYAT.COM, Medan - Polisi Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan Satuan Polisi Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Macan Tutul Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSD

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir