Stop Pukat

Bank Sumut
Senin, 28 November 2016 | 20:48:53

Program USAID EMAS Masuk Tahun Terakhir di Sumut

istimewa
Usaid Program EMAS bersama Gubernur Sumatera Utara.
Share

DINAMIKARAKYATCOM - Provincial Senior Advisor Program USAID EMAS (Expanding Maternal and Newborn Survival) Fatni Sulani mengatakan program peningkatan kesehatan ibu dan anak baru mulai dilaksanakan di enam provinsi di Indonesia.

Enam provinsi dengan angka kematian ibu dan anak tertinggi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan.

Untuk Sumatera Utara program ini telah diresmikan sejak tanggal 22 Pebruari 2012. "Tanpa terasa Program EMAS ini akan memasuki tahun terakhir implementasi di Provinsi Sumatera Utara," ujar Fatni di rumah dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Medan, Minggu (27/11/2016) malam.


Sejak diresmikan di Provinsi Sumatera Utara, lanjut Fatni, Program EMAS saat ini sudah berjalan di 5 kabupaten dan 2 kota yaitu, Kabupaten Deliserdang, Asahan, Langkat, Labuhanbatu, Mandiling Natal, Kota Medan dan Sibolga.

Untuk mencapai target pendampingan fasilitas EMAS, pada periode Phase 3 ini Program EMAS Sumut akan menambah fasilitas dukungan yaitu tiga Rumah Sakit Swasta di Kabupaten Deliserdang, 2 puskesmas di Kabupaten Asahan, 6 puskesmas di Kabupaten Labuhanbatu dan 1 rumah sakit dan 3 puskesmas di Kabupaten Langkat.

Selanjutnya, dari 9 wilayah prioritas di Sumatera Utara, ada 5 wilayah kabupaten yang menyatakan komitmen untuk mengimplementasikan Program EMAS dalam rangka penyelamatan dan penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir.


"Diharapkan program ini dapat diimplementasikan di semua kabupaten kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Untuk Sumatera Utara yang lebih sehat," ujar Fatni.

Sementara, Ketua Panitia Agus Tama mengatakan pertemuan ini diinisiasikan dalam rangka komitmen Pemprov Sumut khususnya dibidang kesehatan bekerjasama dengan stakeholder khususnya dibidang kesehatan dalam peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat Sumut.

"Diharapkan dukungan dari Bapak Gubernur untuk peningkatan pelayanan kesehatan agar lebih baik ke depannya, khususnya di Provinsi Sumatera Utara," ujar Agus Tama yang juga Plt Kadis Kesehatan Sumut. (art/drc)



Terkait Lainnya
  • 2 jam lalu

    Pemprov Sumut Kirim Pasukan Relawan Bencana ke Pidie Jaya Aceh

    DINAMIKARAKYATCOM - Sebanyak 250 orang relawan bencana alam untuk misi kemanusiaan ke Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh berangkat dari Kantor Gubernur Sumut,

  • 2 hari lalu

    Gubernur Sumut Ingatkan Reformasi Keuangan Pemerintah Daerah

    DINAMIKRAKYATCOM - Pemerintah daerah harus mencari cara dan mekanisme untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

  • 2 hari lalu

    Uang Partisipasi Jabatan di Pemprov Sumut Senilai Rp 1,8 Miliar

    DINAMIKARAKYATCOM - Untuk menyediakan uang suap kepada pimpinan dan anggota DPRD Sumut, mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho menginstruksi kepada

  • 2 hari lalu

    Listrik Terapung Investor Korea di Danau Toba Beroprasi Maret 2018

    DINAMIKARAKYATCOM - Rencana investor asal Korea Environmental Industy dan Technology Instute (KEITI) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di perai

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2016 Dinamika Rakyat. All Rights Reserved