Stop Pukat

Bank Sumut
Senin, 28 November 2016 | 21:41:43

e-Sumut Untuk Cegah Tindak Korupsi

istimewa
Launching aplikasi e-Sumut.
Share

DINAMIKARAKYATCOM - Ketua Tim Koordinator Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK Adlinsyah Nasution menilai aplikasi e-Sumut merupakan langkah awal yang sangat positif untuk mencegah tindak korupsi.

Langkah ini tentunya menjadi dorongan kepada kabupaten kota untuk mengikuti langkah yang diambil Pemprov Sumut.    

"Harapannya tentunya ke depan jadi dorongan daerah-daerah lain di Sumut agar mereka bisa berlomba-lomba. Ini sudah mulai terlihat karena sudah ada beberapa agenda kami (KPK) di sini, besok ke Tanah Karo, besoknya lagi ke Deliserdang, Sergai dan Binjai. Mereka juga untuk sekarang ini sudah berniat melaunching. Artinya mereka juga sudah lakukan," ujarnya.


Adlinsyah menambahkan, kehadiran e-Sumut merupakan bagian dari sebelas item rencana aksi yang telah disepakati KPK dengan Pemprov Sumut.

Adlinsyah pun yakin jika semua daerah di Sumut sudah menggunakan sistem maka pencegahan korupsi dapat dilakukan.

"Tinggal bagaimana monitoring orangnya dan komitmen. Sistem, orang dan komitmen. Tinggal dibolak-balik saja. Tapi satu hal untuk yang sistem sudah mulai kita dorong, dan insyaallah ini merupakan langkah positif yang sangat baik biar ke depan bisa lebih baik. Ada sebelas item rencana aksi yang disepakati," katanya.


"Itu merupakan bagian dari pada proses yang memang kita awasi dalam hal proses. Makanya saya setiap bulan datang ke Medan ini. Itu komitmen dari KPK. Mudah-mudahan ini menjadi cara untuk menggerakan kedepan bisa lebih baik," sambungnya.

Sementara, Plt Irjen Kemendagri Sri Wahyuni mengatakan, esensi penggunaan elektronik adalah membangun transparansi dan akuntabilitas, dari sejak proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, sehingga terwujud tatakelola pemerintahan yang baik dan mudah diakses oleh masyarakat.

"Inisiatif dan inovatif ini memberikan apresiasi karena Pemprov Sumut berupaya mencapai tatakelola pemerintahan yang baik dan modren, sehingga tidak bisa lagi ada intervensi pihak tertentu terkait perencanaan yang mengarah kepada hal yang diinginkan bukan diperlukan," tambahnya. (art/drc)

Terkait Lainnya
  • 2 jam lalu

    Pemprov Sumut Kirim Pasukan Relawan Bencana ke Pidie Jaya Aceh

    DINAMIKARAKYATCOM - Sebanyak 250 orang relawan bencana alam untuk misi kemanusiaan ke Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh berangkat dari Kantor Gubernur Sumut,

  • 3 jam lalu

    Tiga Pejabat Dinas Perkim Medan Tersangka Proyek Terminal Amplas

    DINAMIKARAKYATCOM - Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumut tengah melakukan ‎upaya hukum atas kasus dugaan korupsi proyek revitalisasi Terminal Amplas

  • 24 jam lalu

    Mantan Ketua KPK Bantah Dukung Tersangka Penista Agama

    DINAMIKARAKYATCOM - Beredarnya meme mantan Ketua KPK Abraham Samad tentang Pilgub DKI Jakarta di berbagai jaringan media sosial mengundang reaksi dari kalangan

  • 2 hari lalu

    Gubernur Sumut Ingatkan Reformasi Keuangan Pemerintah Daerah

    DINAMIKRAKYATCOM - Pemerintah daerah harus mencari cara dan mekanisme untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2016 Dinamika Rakyat. All Rights Reserved