Bank Sumut

Korupsi Dana Pesata Danau Toba

Polda Sumut Batal Serahkan Jan Waner Saragih ke Jaksa

Lolos Kasus Hutan Lindung
Oleh: Admin
Minggu, 08 Jan 2017 21:56
Dibaca: 259 kali
istimewa
Jan Waner Saragih.
DINAMIKARAKYATCOM - Setelah menetapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Simalungun, Jan Waner Saragih sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana penyelenggaraan Pesta Danau Toba (PDT) tahun 2012, penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut bakal menetapkan tersangka lainnya.

Penyidik saat ini terus melakukan pendalaman dengan melakukan pemeriksaan ulang terhadap tersangka.

"Rencananya Senin (9/1/2017) tersangka akan kita serahkan ke jaksa. Namun setelah kita periksa intensif lagi ternyata kita masih membutuhkan keterangan tersangka untuk menetapkan tersangka lainnya. Dalam waktu dekat bakal ada kita tetapkan tersangka baru," jelas Kasubdit III/Tipikor AKBP Dedi Kurnia saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (8/1/2017).

Dedi mengaku belum bisa memastikan kapan Jan Waner diserahkan ke Jaksa. Namun berkas tersangka kini sudah dinyatakan lengkap (P21).

"Sejak Jumat (6/1/2017) dia (tersangka) sudah kita tahan di Polda Sumut. Berkas juga sudah lengkap. Kalau untuk tersangka lain dalam waktu dekat bakal kita tetapkan," katanya.

Dalam kasus ini, sambung Kasubdit III/Tipikor, negara mengalami kerugian sekitar Rp 800 juta. Jan Waner Saragih sebagai kuasa pengguna anggaran sekaligus sebagai Ketua Panitia PDT Tahun 2012 diduga telah melakukan mark-up.

Lolos Kasus Hutan Lindung

Selain kasus ini, bekas Kepala Dinas Kehutanan Simalungun ini juga terlibat kasus dugaan perambahan hutan lindung di Batu Holing, Dusun Urung Doloknagori Togur, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun.

Jan Waner diduga telah merambah hutan lindung untuk dijadikan pusat latihan militer. Namun hingga saat ini, kasus itu masih mengendap di Subdit IV/Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut.

Meski sudah menetapkan sekitar 12 tersangka, namun penyidik belum menetapkan Jan Waner Saragih sebagai tersangka pada kasus hutan lindung tersebut. (art/drc)
T#g:danau tobakorupsipdtpesta danau tobapoldasu
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jan 2017 00:18

    Kejati Sumut Tunggu Berkas Tersangka TKBM Lainnya dari Kejagung

    Alasannya masih menunggu pelimpahan berkas dan tersangka lainnya dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, agar pelimpahan dilakukan bersamaan ke PN Medan.

  • Selasa, 24 Jan 2017 00:09

    Kasus Pencemaran Air Danau Toba, PT Aquafarm dan PT Japfa Dilaporkan ke Polisi

    Laporan tersebut merupakan tindaklanjut dari berbagai upaya yang selama ini dilakukan mereka melalui pengkajian langsung di lokasi, khususnya mengenai kandungan air Danau Toba.

  • Minggu, 22 Jan 2017 21:19

    Kembali, Dua Saksi Korupsi Terminal Amplas Diperiksa Kejati Sumut

    Dengan itu sudah dipastikan ada dugaan melawan hukum, sehingga ‎revitalisasi Terminal Amplas sumber dari APBD Pemko Medan tahun 2014-2015 senilai Rp 10 miliar lebih terindikasi korupsi dan merugikan negara.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 18:50

    Dana Desa di Sumatera Utara Berbau Korupsi, Contohnya di Kabupaten Padang Lawas

    Warga desa menyesalkan hasil pembangunan jalan sepanjang 950 meter dengan lebar 3 meter, yang dikerjakan oleh pihak luar.

  • Jumat, 20 Jan 2017 23:14

    Pekan Depan Berkas Korupsi Pesta Danau Toba Masuk Tipikor Medan

    Saat ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) tengah memeroses pembuatan surat dakwaan untuk tersangka Kepala Bappeda Simalungun Jan ‎Wanner Saragih.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir