Stop Pukat

  • Home
  • Kerah Putih
  • Malu, Ketua Komisi D DPRD Medan Bantah Terima Suap dari Podomoro
Bank Sumut
Rabu, 19 Oktober 2016 | 22:49:53

Malu, Ketua Komisi D DPRD Medan Bantah Terima Suap dari Podomoro

dinamikarakyat.com
Sabar Syamsuria Sitepu.
Share

DINAMIKARAKYATCOM - Ketua Komisi D DPRD Medan Sabar Syamsuria Sitepu membantah dirinya ada menerima uang suap dari pihak Podomoro Deli City agar komisi yang dipimpinnya diam tidak berkoar-koar lagi.

"Siapa yang menerima? tak ada abang menerima dari podomoro," ujar Sabar kepada wartawan di ruangan Komisi D DPRD Medan, Jalan Kapt. Maulana Lubis, Rabu (19/10/2016).

Sabar mengakui komisinya telah mengeluarkan surat rekomendasi kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin dan pihak Podomoro Deli City untuk menghentikan pembangunan sampai proses hukum diseleikan.

"Kami sudah sampaikan rekomendasi ke Walikota, tinggal walikota yang memutuskan. Kalau kami punya hak eksekusi, sudah kami eksekusi itu bangunan," katanya didampingi anggota komisi Parlaungan Simangunsong.

Ia juga mangaku masa jabatannya sebagai ketua komisi tinggal beberapa hari lagi. "Malu abang, banyak kali yang tanya di Masjid Agung, macam mana (podomoro) itu? tinggal 10 hari laginya jabatan abang ketua komisi," cetusnya.



Diberitakan sebelumnya, ribut-tibut pembangunan gedung Podomoro Deli City yang awalnya minta dibongkar karena melanggar peraturan akhirnya hilang dengan meninggalkan jejak suap. DPRD Medan yang awalnya ribut diduga sudah terkondisikan untuk tutup mulut.

Dugaan suap wakil rakyat terhormat Kota Medan tersebut ada korelasinya dengan dugaan gratifikasi jet pribadi Walikota Medan Dzulmi Eldin yang berangka ke Hainan, China.

Pimpinan dan Komisi D DPRD Medan diduga telah bertemu dengan pihak Podomoro Deli City di sebuah hotel mewah di tengah Kota Medan. Pertemuan tersebut terjadi paska ribut-ribut adanya desakan pembongkaran bangunan Podomoro City Deli.

Pimpinan dan Komisi D DPRD Medan diduga menerima suap miliaran rupiah dari pihak Podomoro Deli City agar tidak lagi berkoar-koar mendesak Pemko Medan membongkar gedung yang berada di atas lahan bekas Deli Plaza tersebut.

"Ada pertemuan Pimpinan dan Komisi D DPRD Medan dengan pihak Podomoro City, pertemuanya di hotel mewah. Apa lagi kalau bukan diel, lihat sekarang apa mereka berkoar-koar lagi minta bangun itu dibongkar, sudah terima suap mereka," tegas sumber.

Memang, kata sumber, Komisi D telah mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Pemko Medan dan pihak Podomoro Deli City untuk menghentikan sementara pembangunan sampai proses perizinan diselesaikan.



Namun faktanya, proses pembangunan gedung yang berada di persimpangan Jalan Putri Hijau Medan, itu tetap berjalan sampai sekarang.

"Besar cakap semua anggota dewan itu, sudah lengkap siapa-siapa saja nama penerima dari Podomoro, tinggal menunggu waktu. Sudah ditelaah kasus ini, siap-siap saja mereka," jelas sumber.  

Sumber belum mau menjelaskan nama-nama anggota dewan penerima dugaan suap dari pihak Podomoro Deli City dikarenakan masih dalam tahap penyelidikan. "Sabar dulu, waktunya ada nanti, KPK sudah tau," singkatnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga dikonfirmasi membantah dirinya ada terlibat dalam dugaan suap Podomoro Deli City.

"Saya tidak ada ikut-ikutan di situ, itu urusan Komisi D," cetus Ihwan Ritonga, usai rapat paripurna RPJMD Kota Medan, di gedung dewan, Selasa (11/10/2016).

Jika benar adanya dugaan suap diterima DPRD Medan dari Podomoro Deli City, Ihwan setuju hal itu dibuka ke publik.

"Silahkan saja dibuka, saya dukung, biar semua tau jika benar itu terjadi. Kita meminta penegak hukum untuk mengambil sikap," cetusnya. (art/drc)

Terkait Lainnya
  • 3 jam lalu

    Tiga Pejabat Dinas Perkim Medan Tersangka Proyek Terminal Amplas

    DINAMIKARAKYATCOM - Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumut tengah melakukan ‎upaya hukum atas kasus dugaan korupsi proyek revitalisasi Terminal Amplas

  • satu minggu lalu

    Wakil Walikota Terima Panitia Alumni SMP Angkasa Medan

    DINAMIKARAKYATCOM - Kualitas sekolah tergantung dari internal sekolah, terutama pengurus sekolah dan alumni dengan visi membangun mutu dan kualitas pendidikan.

  • satu minggu lalu

    Gepeng Tewas di Bawah Jembatan Fly Over Djamin Ginting Medan

    DINAMIKARAKYATCOM - Seorang pria berusia setengah abad ditemukan tewas di bawah Jembatan Fly Over Djamin Ginting, Medan, Senin (28/11/2016).

    Warga y

  • 2 minggu lalu

    Polisi Janji Tambah Tersangka Korupsi BBM Dinas Kebersihan Pemko Medan

    DINAMIKARAKYATCOM - Penyidik Tipikor Polda Sumut berjanji akan menetapkan seorang calon tersangka lagi kasus korupsi BBM Dinas Kebersihan Pemko Medan.

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2016 Dinamika Rakyat. All Rights Reserved