Bank Sumut

30 Orang Sudah Diperiksa

Kejati Bidik Dugaan Korupsi Bappemas Sumut

Oleh: Admin
Rabu, 11 Jan 2017 20:36
Dibaca: 838 kali
Net
Ilustrasi.
DINAMIKARAKYATCOM - ‎Kejati Sumut tengah membidik dugaan korupsi dana sosialisasi peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa, Badan Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa (Bappemas) Sumatera Utara.

Dugaan korupsi tersebut terjadi pada tahun 2015 senilai Rp 40,8 miliar, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kasubsi Humas Penerangan Hukum Kejati Sumut Yosgernold Tarigan mengatakan, pengusutan kasus dugaan korupsi tersebut ditangani penyidik tertuang pada nomor surat perintah penyidikan (Sprindik): Print. 21/N.2/05/2015.

"Dalam kasus ini, sudah 30 orang kita lakukan pemeriksaan sebagai saksi. Pemeriksaan dilakukan pidsus Kejati Sumut," kata Yos kepada wartawan, Rabu (11/1/2017).

Yos menjelaskan, pemeriksaan saksi terdiri dari sejumlah pejabat tinggi di Pemerintah Provensi Sumatera Utara (Pemprov Sumut).

"Begitu juga akan terus dilakukan pemeriksaan selanjutnya yang dijadwalkan oleh penyidik kita," jelasnya.

Saat ini, sprindik berstatus umum tanpa ada nama tersangka. Selain itu, Penyidik juga sudah melakukan penghitungan kerugian negara (PKN) bekerjasama dengan akuntan publik yang ditunjuk oleh penyidik Kejati Sumut.

"Kita masih menunggu hasil audit, berapa kerugian negara lah saat ini," katanya ‎menambahkan, setelah hasil PKN keluar akan dilakukan ekspos internal oleh penyidikan.

"Setelah itu, baru dilakukan penetapan tersangka. Saat ini penyidik terus mengoptimalkan penyidikannya," tandasnya. (art/drc)
T#g:bappemaskejatisukorupsiPemprovsu
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jan 2017 00:18

    Kejati Sumut Tunggu Berkas Tersangka TKBM Lainnya dari Kejagung

    Alasannya masih menunggu pelimpahan berkas dan tersangka lainnya dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, agar pelimpahan dilakukan bersamaan ke PN Medan.

  • Minggu, 22 Jan 2017 21:19

    Kembali, Dua Saksi Korupsi Terminal Amplas Diperiksa Kejati Sumut

    Dengan itu sudah dipastikan ada dugaan melawan hukum, sehingga ‎revitalisasi Terminal Amplas sumber dari APBD Pemko Medan tahun 2014-2015 senilai Rp 10 miliar lebih terindikasi korupsi dan merugikan negara.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 18:50

    Dana Desa di Sumatera Utara Berbau Korupsi, Contohnya di Kabupaten Padang Lawas

    Warga desa menyesalkan hasil pembangunan jalan sepanjang 950 meter dengan lebar 3 meter, yang dikerjakan oleh pihak luar.

  • Jumat, 20 Jan 2017 23:14

    Pekan Depan Berkas Korupsi Pesta Danau Toba Masuk Tipikor Medan

    Saat ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) tengah memeroses pembuatan surat dakwaan untuk tersangka Kepala Bappeda Simalungun Jan ‎Wanner Saragih.

  • Kamis, 19 Jan 2017 23:19

    Tiga Terdakwa Kasus Korupsi PTKI Medan Dituntut 1 Tahun 6 Bulan

    Ketiga terdakwa telah bekerjasama dalam satu perusahaan. Pengerjaan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) juga tidak dilakukan sesuai ketentuan. Proses pelelangan tidak sesuai peraturan.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir