Bank Sumut

Mau Tau Museum Perkebunan? Datang ke Medan

Minggu, 11 Des 2016 22:38
Dibaca: 191 kali
istimewa
Patung petani tembakau.

DINAMIKARAKYATCOM - Museum perkebunan pertama di Indonesia yang dikelola Yayasan Museum Perkebunan Indonesia berlokasi di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Jalan Brigjen Katamso No. 53 Medan. Museum ini baru diresmikian oleh Gubernur Sumut Erry Nuradi, Sabtu (10/12/2016).

Melihat sejarah dan perjalan perkebunan di Sumatera Utara (Sumut) memang sepatutnya provinsi ini memiliki museum perkebunan. Selain sebagai sarana edukasi bagi generasi muda, keberadaan meseum juga dipandang perlu untuk mengenal jasa para pendahulu sekaligus membuktikan kalau Sumut pernah menjadi pusat perkebunan di masa lalu.

"Museum perkebunan ini memang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyrakat khususnya masyarakat perkebunan. Alhamdulillah hari ini museum perkebunan diresmikan. Selain membuktikan Sumut sebagai tempatnya perkebunan, desain perkebunan pertama juga ada di Sumut. Tentunya sebagai bangsa yang besar kita harus menghargai jasa pendahulu kita. Salah satunya dengan membangun museum ini," ujar Erry Nuradi saat memperingati Hari Perkebunan Nasional ke-59.


Hadir dalam acara di antaranya Ketua Dewan Pembina Yayasan Museum Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita, mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih, Dirjen, Wakil Duta Besar Kedutaan Belanda di Jakarta, para konjen negara sahabat dan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution.

Erry mengatakan, Sumut memiliki perkebunan yang besar dan melegenda. Setidaknya saat ini ada 2,1 juta hektar perkebunan yang tersebar di 33 Kabupaten Kota di Sumatera Utara dan dikelola oleh BUMN maupun swasta. oleh karenanya Erry mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran perkebunan di Sumut baik PTPN maupun swasta sehingga mendorong diresmikannya museum perkebunan di Sumut.

"Museum itu juga untuk mengenang kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perkebunan di zaman kolonial hingga saat ini dan sebagai tempat pembelajaran bagi generasi muda. Tentu diharapkan mampu mengangakat sejarah dan kemudian generasi muda bisa berbuat yang lebih baik lagi untuk negara dan bangsa," ujarnya.

Ia menjelaskan, keberadaan museum memang sangatlah penting khususnya bagi negara-negara maju. Di sebuah negara maju, keberadaan museum menjadi salah satu indikator sebuah negara dikatakan maju selain memiliki transportasi dan perpustakaan yang baik.

[adsnese]
oleh karena itu keberadaan museum perkebunan dapat mendongkrak wisatawan mancanegara, khususnya dari Belanda, yang memiliki historis bagi perjalan perkebunan di Sumut.

"Karena banyak sekali kenangan-kenangan. Saya yakin turis-turis luar, khususnya dari Netherland juga pasti banyak datang untuk melihat Museum ini. Karena sejarah yang tentunya sangat panjang, antara kita dengan Belanda. Ini akan menjadi salah satu pemicu tumbuhnya wisatawan untuk berkunjung ke Provinsi Sumut yang kita cintai ini," cetus Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry mengapresiasi Kepala Museum Negeri Sumut Sri Hartini yang kini sudah pensiun. "Museum daerah Sumut menjadi terbaik karena jasa Ibu Sri Hartini. Saat ini beliau di Museum Perkebunan. Sangat beruntung bisa mendapatkan beliau," sebut Erry. (art/drc)


T#g:gubsu
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jan 2017 01:29

    Ajib Shah Cs Akan Hadir di Pengadilan Tipikor Medan Untuk Bersaksi

    Saksi yang akan dihadirkan KPK adalah ‎Ajib Shah, Chaidir Ritonga, dan Kamaluddin Harahap. Ketiga saksi merupakan tahanan KPK dengan kasus yang sama.

  • Sabtu, 14 Jan 2017 16:40

    Gubernur Sumut: Ummat Islam Harus Selalu Mencontoh Sikap dan Prilaku Nabi Muhammad

    Ketauladan yang telah dicontohkan Rasulullah dan amalan kepada Allah SWT karena sebagai hamba yang senantiasa harus mengabdikan diri kepada-Nya, harus kita contoh.

  • Jumat, 13 Jan 2017 23:38

    60 Pejabat Eselon III Dilantik dan Dikukuhkan: Raja Indra Saleh Sekretaris BPKAD Provsu

    Pelantikan dan pengukuhan ini dilakukan untuk yang kedua kalinya setelah PP 18 Tahun 2016 diperdakan oleh Pemprov Sumut.

  • Jumat, 13 Jan 2017 00:33

    Gubernur Sumut Dukung Rakernas Persaudaraan Haji di Sumatera Utara

    IPHI Sumut cukup potensial jika melakukan kegiatan ekonomi Syariah.

  • Rabu, 11 Jan 2017 23:43

    Permatani Canangkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

    Semua komponen masyarakat yakni dari kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi menjadi surplus.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir