• Home
  • Jalan Jalan
  • Kementerian PUPR Janji Bangun Infrastruktur Perdesaan Kawasan Danau Toba
Bank Sumut

Kementerian PUPR Janji Bangun Infrastruktur Perdesaan Kawasan Danau Toba

Jumat, 16 Sep 2016 23:23
Dibaca: 204 kali
Net
Ilustrasi.

DINAMIKARAKYATCOM - Kemenerian PUPR sangat mendukung percepatan pembangunan destinasi pariwisata prioritas, khususnya pada tiga destinasi, yakni Danau Toba, Borobudur, dan Mandalika. Kementerian PUPR pun mengikuti rapat koodinasi (rakor) dengan Kementerian Pariwisata.

Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Taufik Widjoyono, menyatakan, bahwa Kementerian PUPR siap mendukung pembangunan infrastruktur di kawasan destinasi pariwisata prioritas.

"Dukungan tersebut antara lain pembangunan infrastruktur kawasan permukiman perdesaan di Kabupaten Toba Samosir, lalu perencanaan kawasan pariwisata dan dokumen lingkungan Danau Toba Sumatera Utara," kata Taufik, seperti dalam rilis yang diterima wartawan, Jumat (16/9/2016).

Sebelumnya ia menyebutkan dalam rakor tersebut diadadakan oleh Kementerian Pariwisata mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan dihadiri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Gedung Kementerian Pariwisata, belum lama ini.

Dalam rapat tersebut hadir Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Taufik Widjoyono, Direktur Jenderal Cipta Karya Andreas Suhono, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Rido Matari Ichwan, Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Dwityo A Soeranto, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Rina Farida, dan Direktur Bina Penataan Bangunan Adjar Prajudi.

Menurut Taufik, dalam percepatan pembangunan destinasi pariwisata prioritas tersebut, juga menggarap  pembenahan permukiman kumuh dan perdesaan di Kabupaten Magelang, perencanaan kawasan pariwisata dan dokumen lingkungan Borobudur Jawa Tengah.

"Juga, perencanaan penanganan sanitasi di kawasan pariwisata Mandalika, serta perencanaan kawasan pariwisata dan dokumen lingkungan Mandalika Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi, agar menteri, gubernur serta bupati/walikota terkait fokus pada perbaikan sepuluh destinasi pariwisata dengan memperkuat kebijakan, program dan kegiatan yang diperlukan sehingga benar-benar terlihat perubahannya.

Perbaikan antara lain meliputi kelembagaan pengelola, infrastruktur termasuk jalan, pelabuhan dan bandara, ketersediaan listrik, bahan bakar minyak, air bersih, manajemen promosi daerah, ketersediaan fasilitas umum, penataan pedagang, penataan lingkungan, serta penerimaan masyarakat.

"Kementerian PUPR sebagai Executing Agency dan Implementing Agency, diharapkan dapat mendukung dengan pembangunan jalan tol dan jalan umum, serta penyediaan infrastruktur air bersih," tambah Arief. (art/drc)

T#g:puprwisata
Berita Terkait
  • Kamis, 29 Des 2016 01:00

    396 Tahun, Kota Tanjungbalai Diharapkan Sumbang Wisatawan

    Kegiatan ini harus dimasukan sebagai kalender kegiatan pariwisata untuk menarik minat wisatawan dengan melibatkan seluruh masyarakat Tanjungbalai.

  • Senin, 19 Des 2016 23:34

    14 Investor China "Kuasai" Sumatera Utara

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi mengharapkan jajaran pemerintah provinsi maupun kabupaten kota, terutama pihak BUMN seperti Pelindo, PLN, PTPN dan lainnya serius menyambut keha

  • Minggu, 18 Des 2016 22:40

    Gubernur Sumut Gratiskan Ribuan Orang Masuk ke Pantai Cermin

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumut Erry Nuradi melepas kejuaraan lomba lari 10K dan 5K diikuti oleh 6.000 peserta di Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai, Minggu (18/12/2016). Lomba lari piala Gubsu i

  • Kamis, 15 Des 2016 22:37

    Pengurus Otorita Danau Toba Sudah Dilantik, Laporan ke Gubernur

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi berharap Badan Otorita Danau Toba dapat segera melaksanakan tugas dan fungsinya, baik dari sisi administrasi maupun konstruksi. Dengan demikian

  • Kamis, 15 Des 2016 22:05

    2017, Sumut Dapat Alokasi dari APBN Rp 19,8 Triliun

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menyerahkan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2017 kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang ada di Provinsi Sumatera

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir