Bank Sumut

Datang ke Karo, Kapolda Sumut Diberi Marga Karokaro

Kamis, 03 Nov 2016 21:22
Dibaca: 152 kali
istimewa
Kapolda Sumut dan istri.

DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mendatangi Kabupaten Karo untuk meninjau kondisi terkini warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung, Kamis (3/11/2016).
     
Peninjauan Kapolda ke Karo didampingi Gubernur Sumut Erry Nuradi, Pangdam I BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, dan Kepala BIN Daerah Sumut Brigjen TNI Sungkono disambut Bupati Terkelin Brahmana.

Kasubbdi Penerangan Masyarakat Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menjelaskan, unsur FKPD Sumut mendatangi warga yang mengungsi di Desa Ndokumiroga, Kecamatan Simpang Empat.



Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel diberi marga Karokaro, sedangkan isterinya mendapatkan marga Beru Ginting.
     
Mendapatkan penghargaan secara adat dan ditabalkan marga, Kapolda mengaku sangat banga dan terharu.
     
"Ini suatu kehormatan yang luar biasa, pertama kali kedatangan kami di Tanah Karo mendapat sambutan yang begitu hangat dan penuh kasih sayang. Kami mengucapkan terima kasih semoga persaudaraan ini terjalin sampai akhir hayat kita," katanya.
     
Dalam upacara adat, Kapolda Sumut disematkan pakaian Adat Karo berupa topi, selempang, dan sarung. Kapolda merasa surprise dengan upacara adat yang diberi warga Karo pada dirinya.

Ia berjanji akan belajar untuk menjadi orang Karo untuk menjawab kepercayaan yang diberikan padanya dan isterinya.
     
"Jadi marga nama saya bertambah menjadi Karokaro. Lalu istri saya menjadi beru Ginting. Saya akan belajar bagaimana layaknya sebagai marga Karokaro dan istri saya sebagai beru Ginting," kata Rycko.



"Topi ini melambangkan kepemimpinan, selempang adalah simbol dari tanggung jawab pemimpin kepada rakyatnya dan yang segitiga dibahu maknanya haruslah adil dan seimbang. Sedangkan kain sarung filosofinya harus sopan santun. Ini pelajaran nomor satu yang saya dapat. Filosofi yang saya dapat ini juga adalah berlaku bagi setiap orang," jelasnya menambahkan.
     
Sementara, di lokasi pengungsian, Gubernur Erry Nuradi berpesan agar warga selalu menjaga kekompakan dan kesehatan, terutama segera memeriksa kondisi diri jika mengalami gangguan.
     
Warga pengungsi diingatkan untuk tidak memasuki zona merah karena rentan diterpa awan panas Gunung Sinabung ketika erupsi.
     
"Pemerintah sedang berupaya menyiapkan relokasi yang pembangunannya sedang berjalan, secepatnya warga dapat direlokasi," kata Erry. (art/drc)
     

T#g:gubsu
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jan 2017 01:29

    Ajib Shah Cs Akan Hadir di Pengadilan Tipikor Medan Untuk Bersaksi

    Saksi yang akan dihadirkan KPK adalah ‎Ajib Shah, Chaidir Ritonga, dan Kamaluddin Harahap. Ketiga saksi merupakan tahanan KPK dengan kasus yang sama.

  • Sabtu, 14 Jan 2017 16:40

    Gubernur Sumut: Ummat Islam Harus Selalu Mencontoh Sikap dan Prilaku Nabi Muhammad

    Ketauladan yang telah dicontohkan Rasulullah dan amalan kepada Allah SWT karena sebagai hamba yang senantiasa harus mengabdikan diri kepada-Nya, harus kita contoh.

  • Jumat, 13 Jan 2017 23:38

    60 Pejabat Eselon III Dilantik dan Dikukuhkan: Raja Indra Saleh Sekretaris BPKAD Provsu

    Pelantikan dan pengukuhan ini dilakukan untuk yang kedua kalinya setelah PP 18 Tahun 2016 diperdakan oleh Pemprov Sumut.

  • Jumat, 13 Jan 2017 00:33

    Gubernur Sumut Dukung Rakernas Persaudaraan Haji di Sumatera Utara

    IPHI Sumut cukup potensial jika melakukan kegiatan ekonomi Syariah.

  • Rabu, 11 Jan 2017 23:43

    Permatani Canangkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

    Semua komponen masyarakat yakni dari kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi menjadi surplus.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir