Bank Sumut

Alquran Berbahasa Batak Angkola Akan Diterbitkan

Senin, 05 Des 2016 21:48
Dibaca: 169 kali
istimewa
Sekda Provsu Hasban Ritonga dan Kepala Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Choirul Fuad Yusuf.

DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumut Erry Nuradi melalui Sekda Provsu Hasban Ritonga mengapresiasi dan berterimakasih serta menyambut baik atas penyusunan dan penerbitan terjemahan Alquran bahasa Batak Angkola oleh Badan Litbang Kementerian Agama RI.

Rencananya peluncuran buku terjemahan Alquran Bahasa Batak Angkola akan dilaksanakan pada 19 Desember mendatang oleh Menteri Agama RI.

"Atasnama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kami sangat berterimakasih dan menyambut gembira penerbitan terjemahan Alquran berbahasa Batak Angkola ini. Kami yakin buku ini akan sangat bermanfaat," kata Hasban.


Hal itu disampaikan Hasban saat menerima kunjungan kerja Kepala Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, Kementerian Agama Republik Indonesia Choirul Fuad Yusuf dan tim penyusun di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (5/12/2016).

Hadir mendampingi Sekda, Asisten Administrasi Umum dan Aset Jumsadi Damanik, Asisten Kesra OK Zulkarnain, Kepala Dinas Kominfo M. Fitriyus dan Kabag Agama Biro Binsos Muhammad Yusuf.

Menurut Hasban, terjemahan Alquran berbahasa Angkola sangat berharga bagi khazanah pustaka di tanah air khususnya Sumatera Utara.

"Ini merupakan karya yang sangat berharga terutama dalam upaya melestarikan bahasa Batak Angkola," kata Hasban.

Selain itu, Alquran bahasa Batak Angkola sangat bermanfaat bagi warga masyarakat yang belum faham bahasa Indonesia untuk bisa lebih memahami makna kandungan kitab suci Al Quran.

"Kita yakin penerbitan ini sangat bermanfaat dan kami sangat berterimakasih kepda Badan Litbang Kemenag Ri," ujar Hasban.

Sekda Hasban menerima buku terjemahan Alquran bahasa Batak Angkola dari Kepala Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Choirul Fuad Yusuf.

Choirul menjelaskan kunjungan ke Sumut dalam rangka menyampaikan informasi tentang peluncuran Produk Litbang Kemenag RI, terkait dengan terjemahan Alquran bahasa daerah yakni bahasa Batak Angkola dan dua terjemahan Alquran lain.

Yaitu terjemahan Alquran dengan bahasa Bolaang Mangondow Sulawesi Utara dan Bahasa Toraja juga turut diluncurkan. Selain itu akan diluncurkan Ensiklopedi pemuka agama multikultural nusantara.

"Tujuannya penerjemahan Alquran berbahasa daerah yang pertama untuk melakukan konservasi bahasa daerah di mana berdasarkan beberapa indikator saat ini muncul fenomena kepunahan bahasa daerah yang sedang terjadi. Inilah satu upaya untuk melestarikan bahasa daerah," kata Choirul.


Berdasarkan salah satu penelitian LIPI, dari 600 bahasa daerah di Indonesia, saat ini hanya tinggal separuh saja yang bisa dipakai.

Tujuan kedua, lanjutnya, adalah untuk memperkuat pemahaman Alquran bagi masyarakat yang belum bisa berbahasa Indonesia. Tujuannya agar bisa meningkatkan pemahaman dan pengamalan Alquran.

"Dengan adanya terjemahan Alquran berbahasa daerah tentunya diharapkan dapat membantu dan meningkatkan pemahaman Alquran bagi masyarakat berbahasa Batak Angkola yang belum bisa berbahasa Indonesia. Dengan demikian, pemahaman masyarakat terhadap Alquran bisa lebih baik terutama dalam kondisi seperti saat ini," ujarnya.

Kenapa bahasa Batak Angkola yang dipilih, menurut Choirul itu berasal dari kesepakatan hasil diskusi Tim Penerjemahan Litbang. "Kita tahu, bahwa bahasa batak itu ada beragam. Namun bahasa Batak Angkola nahasa Lingua Franca yang merupakan bahasa yang bisa dipakai dan difahami oleh sub bahasa batak lainnya," jelasnya. (art/drc)

T#g:
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Des 2016 20:38

    Jadikan STQ Sarana Pembentukan SDM Berakhlak

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menginginkan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-14 dijadikan sebagai salah satu sarana pembentuk SDM yang handal. SDM yang tanggap, cakap dan bera

  • Senin, 19 Des 2016 23:34

    14 Investor China "Kuasai" Sumatera Utara

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi mengharapkan jajaran pemerintah provinsi maupun kabupaten kota, terutama pihak BUMN seperti Pelindo, PLN, PTPN dan lainnya serius menyambut keha

  • Senin, 19 Des 2016 22:57

    Kasus Penista Agama, Pemuda di Sibolga Gelar Obor Kebhinekaan

    DINAMIKARAKYATCOM - Merespon kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan RZT (22) melalui akun facebook miliknya beberapa waktu lalu, kalangan pemuda di Kota Sibolga, Sumatera Utara, menyebut diri For

  • Senin, 19 Des 2016 21:14

    Pemuda Muhammadiyah Harapkan JPU Dapat Patahkan Eksepsi Ahok

    DINAMIKARAKYATCOM - Sidang kedua kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dilanjutkan pada Selasa (20/12/2016). Agendanya tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU)

  • Jumat, 16 Des 2016 21:26

    Pria Asal Madina Ditangkap Mencuri Kota Infak Anak Yatim di Masjid

    DINAMIKARAKYATCOM - Polisi menangkap seorang maling kotak infak milik anak yatim di masjid Jalan Garu III, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Kamis (15/12/2016). "Tersangka dia

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir