• Home
  • Jalan Jalan
  • 10 Juta Wisatawan Mancanegara Ditargetkan Datang ke Pulau Nias
Bank Sumut

10 Juta Wisatawan Mancanegara Ditargetkan Datang ke Pulau Nias

Minggu, 18 Sep 2016 22:55
Dibaca: 217 kali
Net
Ilustrasi.

DINAMIKARAKYATCOM - Pemerintah mulai membidik Pulau Nias sebagai destinasi wisata andalan nasional untuk mencapai target 10 juta wisatawan mancanegara tahun 2019.

"Presiden sudah minta, pantai di Nias Selatan kan termasuk tempat surving (berselancar) terbaik nomor dua dunia. Beliau ingin ini dikembagkan. Karena Presiden sudah menargetkan, penerimaan turis kita tahun 2019 mencapai 20 miliar dolar," ujar Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi di Bandara Binaka Nias, Sabtu (17/9/2016), kepada wartawan seusai membuka Pesta Ya'ahowu 2016.

Upaya untuk mendukung pengembangan pariwisata di Nias, pemerintah berencana meningkatkan kondisi bandara Binaka sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

"Landasan penerbangan mau diperpanjang samapi 450 meter, berarti pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-400 atau Boeing 737-500 bisa masuk, atau jenis bombardi bisa masuk. Sehingga diharapkan semakin banyak Turis asing masuk," ujar Luhut.

Dari bandara, dengan perjalanan bermobil selama 2-3 jam, wisatawan sudah bisa mencapai lokasi. "Dan nanti juga ada heli, sehingga kita berharap dalam 2-3 tahun ke depan ini sudah jadi," ujarnya.

Pemasukan dari pariwisata menurutnya akan menjadi nomor 1 menyusul sektor perikanan, minerba dan minyak dan gas (migas).

"Bayangkan, betapa strategisnya turis, orang kadang sebelah mata, lupa turis mencitakan lapangan kerja dan hasilkan devisa besar. Namun harus dibuat agar rakyat ikut menikmati pegembangan wisatawan, bukan saja untuk kelas atas," katanya.

Diketahui, pesta Ya'ahowu 2016 berlangsung tiga hari dimeriahkan dengan sejumlah atraksi budaya, lomba surving internasional di Pulau Tello, Nias Selatan, upacara adat, atraksi budaya lokal, atraksi tari perang, atraksi lompat batu, kuliner dan pameran kerajinan. (art/drc)


T#g:Jokowi
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jan 2017 01:20

    Ketum Depalindo Sumut: Alasan Naiknya Biaya Adalah Tidak Tepat

    Kebijakan tersebut tidaklah sesuai dengan konsep tol laut dan nawacita yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

  • Minggu, 22 Jan 2017 23:41

    Tanggapi Kicaun SBY, Ini Kata Jokowi

    Ini bukan hanya menjadi manfaat tapi juga masalah karena banyaknya informasi yang ternyata tidak benar dan justru menjatuhkan.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 18:50

    Dana Desa di Sumatera Utara Berbau Korupsi, Contohnya di Kabupaten Padang Lawas

    Warga desa menyesalkan hasil pembangunan jalan sepanjang 950 meter dengan lebar 3 meter, yang dikerjakan oleh pihak luar.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 16:34

    Seperti Nusron Wahid, Politikus PDIP: Hanya pak SBY dan Tuhan YME yang tau maksud cuitannya

    Ia juga heran, siapa pihak yang berkuasa menyebarkan fitnah dan berita hoax seperti dimaksud SBY.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 16:21

    Wakil Ketua Komisi III: Pak SBY tidak menyinggung siapa-siapa

    Pak SBY tidak menyinggung siapa-siapa, tapi itu sebagai bentuk kepeduliannya kepada bangsa terhadap berita-berita hoax.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir