• Home
  • Hukum
  • Rumah Pengoplos Gas Digerebek di Medan Marelan, 146 Tabung Diamankan
Bank Sumut

Rumah Pengoplos Gas Digerebek di Medan Marelan, 146 Tabung Diamankan

Rabu, 19 Okt 2016 23:03
Dibaca: 326 kali
istimewa
Barang bukti tabung gas oplosan.

DINAMIKARAKYATCOM - Tim Khusus (Timsus) Ditreskrimum Polda Sumut menangkap tiga tersangka pengoplos tabung gas subsidi 3 kg menjadi 12 kg nonsubsidi dalam sebuah penggrebekan, Selasa (18/19/2016) malam.

Dari lokasi penangkapan di Pasar 1 Rel, Gang Serbajadi, Lingkungan 4, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, polisi mengamankan 146 tabung gas terdiri dari 103 tabung gas subsidi 3 kg, 43 tabung 12 kg dan 12 buah regulator alat pemindah gas.

Dari ratusan tabung yang disita, 39 di antaranya masih berisi dan 64 tabung lainnya sudah kosong. Turut diamankan 1 unit mobil pick up BK 9306 CJ.



Wadir Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Enggar Parianom didampingi Ketua Timsus AKBP Sandy Sinurat, Rabu (19/10/2016) mengatakan, pihaknya menangkap tiga tersangka masing-masing Sucipto (37) selaku pemilik rumah, Budi Hardiansyah alias Budi (34) berperan sebagai pelansir sekaligus penjual tabung gas dan Hermanto alias Herman (34) selaku operator pemindah gas.

"Modus pelaku pengoplosan ini memindahkan gas melalui regulator, alat pemindah gas sederhana dengan cara melaga moncong tabung gas 3 kg ke tabung 12 kg," jelas AKBP Enggar.

AKBP Sandy Sinurat menambahkan, hasil penyelidikan diketahui ketiaga tersangka sudah melakukan praktik oplosan selama 4 bulan. Tersangka juga tidak memiliki izin pangkalan gas.

"Tersangka menjualnya masih di seputaran Medan dan mereka juga mengaku memperoleh tabung gas bersubdi dari pedagang," jelasnya.



Sementara, tersangka Sucipto kepada wartawan mengaku hanya memperoleh untung Rp 20 ribu dari satu tabung 12 kg nonsubsidi yang dijual.

"Kami hanya jual Rp 100 ribu pertabung, cuma dapat untung Rp 20 ribu per tabung," akunya.

Polda Sumut mengimbau kepada masyarakat agar jangan bermain oplosan gas, karena kasus oplosan gas merupakan atensi pemerintah.

"Polda Sumut akan menindak tegas karena kasus ini merupakan salah satu atensi pemerintah dengan dikenakan UU Migas," kata Sandi Sinurat. (art/drc)

T#g:
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Jan 2017 15:55

    Tim Saber Pungli OTT PNS Kecamatan Medan Labuhan di Bank Sumut Cabang Belawan

    Mendapat informasi tersebut Tim Saber Pungli menjumpai Zainun disebuah kedai di Jalan Titi Papan, Kecamatan Labuhan Deli untuk mengetahui informasi tersebut.

  • Rabu, 21 Des 2016 16:59

    Fasilitasi 2 WNA China Masuk Indonesia, Densus 88 Tangkap Jaringan Bahrun Naim

    DINAMIKARAKYATCOM - Seorang terduga teroris Syafii (27) diamankan Densus 88 dari sebuah rumah di Jalan Delitua, Dusun III Ajibaho, Kecamatan Sibiru-biru, Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (21/12/2016)

  • Selasa, 20 Des 2016 21:26

    Sakit Jiwa, Aiptu Hamonangan Lubis Tidak Lulus Perwira

    DINAMIKARAKYATCOM - Gara-gara mengalami gangguan jiwa atau depresi, Aiptu Hamonangan Lubis, menjadi satu-satunya personel polisi yang dinyatakan tidak lulus dalam Pendidikan Alih Golongan dari Bintara

  • Senin, 19 Des 2016 20:53

    Data Intelkam: Hanya 4 Distributor Petasan Yang Kantongi Izin di Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Polda Sumut memastikan hanya empat distributor yang mengantongi izin perdagangan petasan atau mercon sesuai dengan data dari Intelkam."Data dari Intelkam Polda Sumut yang kita teri

  • Senin, 19 Des 2016 20:33

    Polisi Antisipasi Sweeping Atribut Sinterklas di Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memberikan atensi kepada pimpinan Polres sejajaran untuk mengantisipasi adanya aksi sweeping.Hal itu menyikapi keluarnya fatwa haram da

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir