• Home
  • Hukum
  • PP 60 Tahun 2016 Sebabkan Anggaran Polri Meningkat
Bank Sumut

PP 60 Tahun 2016 Sebabkan Anggaran Polri Meningkat

Oleh: Admin
Senin, 09 Jan 2017 01:01
Dibaca: 178 kali
Net
Ilustrasi.
DINAMIKARAKYATCOM - Diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) No.60 tahun 2016, sangat menguntungkan Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Ditpamovit) Polri. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari tahun sebelumnya meningkat hingga 700 persen.

Direktur Pamobvit Polda Sumut, Kombes Pol Hary Subiansauri mengatakan, meningkatnya anggaran untuk Ditpamobvit tersebut tidak terlepas dari diberlakukannya PP No.60 tahun 2016.

Sebab, pengamanan untuk obyek tertentu di lingkungan Polri selama ini diberikan langsung pada Satuan Kerja (Satker) masing-masing direktorat, satuan atau Satuan Kewilayahan (Satwil) di Jajaran Polda Sumut kini dijadikan satu pintu yakni melalui Ditpamobvit.

"Selama ini kan, anggaran untuk pengamanan itu diserahkan langsung pada Direktorat, Kesatuan, Satwil satau Satker masing-masing. Tapi diberlakukannya PP No.60 tahun 2016 itu maka, Obvitlah yang akan mengelola anggara pengamanan untuk internal Polda Sumut," kata Hary, Minggu (8/1/2017).

Menurutnya, beberapa obyek vital yang dimaksud adalah perkantoran baik negeri maupun swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), konsulat asing, Kantor DPRD, Dinas Pendapatan (Dispenda), tempat wisata, serta beberapa obyek lainya jika membutuhkan personel pengamanan harus melalui Ditpamobvit dengan cara mengajukan permohonan.

"Jika kantor-kantor itu membutuhkan tenaga pengamanan dari Polri maupun Brimob harus melalui Ditpamobvit," ujarnya.

Karena itu, sambung Hary, DIPA Dit Pam Obvit Polda Sumut saat ini yang paling besar di antara Satker lainnya mencapai Rp 27 miliar. "DIPA kita naik hingga 700 persen atau sekitar 27 miliar dari sebelum diberlakukannya PP No.60 tahun 2016 itu," sebutnya.

Karena itu, lanjutnya, dengan peningkatan anggara itu maka pelayana ke masyarakat seperti kegiatan Patroli akan terus dilakuakn secara berkesinambungan. Sedangkan, untuk pelayanan tidak langsung, pihaknya dituntut untuk berada ditengah masyarakat dan memberikan manfaat.

"Seiring dengan peningkatan anggaran, maka kita juga akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat, harus dapat menikmatinya dengan baik. Termasuk meningkatkan pembinaan kepada masyarakat," bebernya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengaku tidak mengetahui adanya peningkatan anggaran Ditpamobvit.

Anggaran untuk Humas Polda Sumut saat ini hanya berkisar Rp 1,6 miliar sudah termasuk gaji 40 personel Humas Polda Sumut.

"Tahun ini, semua Satker sepertinya menurun. Jika ada peningkatan anggaran di Ditpamobvit, saya kurang tau. Tetapi, untuk Humas hanya Rp 1,6 Miliar saja itupun sudah termasuk gaji anggota berjumlah 40 orang," terangnya.

Begitupun, dia akan memberikan rincian terbuka tentang anggaran Polda Sumut untuk tahun 2017. "Nanti saya akan berikan rincian anggarannya. Kalau di Satker lain, anggarannya saya tidak ingat, yang saya ingat hanya untuk Satker saya saja," pungkasnya. (art/drc)
T#g:Jokowipoldasupolri
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jan 2017 17:12

    Sedih, ABK Indonesia Alami Kondisi Tidak Manusiawi

    Pada saat ini diperkirakan ada terdapat sekitar ratusan ribu warga negara Indonesia yang bekerja di kapal asing.

  • Selasa, 24 Jan 2017 16:44

    Dibenarkan, Polri Belum Bisa Pastikan Kapan Panggil Megawati

    Terlapor Ibu Megawati diduga telah mengeluarkan kata-kata yang intinya menurut si pelapor melakukan penodaan agama.

  • Selasa, 24 Jan 2017 01:20

    Ketum Depalindo Sumut: Alasan Naiknya Biaya Adalah Tidak Tepat

    Kebijakan tersebut tidaklah sesuai dengan konsep tol laut dan nawacita yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

  • Senin, 23 Jan 2017 23:47

    Dua Napi Nusakambangan Melarikan Diri, Anehnya Tidak Terekam CCTV

    Kedua napi yang kabur sampai saat ini belum berhasil ditangkap kembali oleh pihak kepolisian. Anehnya kedua napi yang lari tidak terekam CCTV.

  • Senin, 23 Jan 2017 20:43

    Megawati Dilaporkan ke Bareskrim

    Laporan tersebut dibuat oleh Humas LSM Aliansi Anak Bangsa Gerakan Anti Penodaan Agama.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir