• Home
  • Hukum
  • Kasus Logo Palu Arit: Kata Kapolda, Ada Sistem Pengamanan Hologram Namanya Rectoverso
Bank Sumut

Kasus Logo Palu Arit: Kata Kapolda, Ada Sistem Pengamanan Hologram Namanya Rectoverso

Oleh: Admin
Rabu, 11 Jan 2017 20:11
Dibaca: 306 kali
istimewa
Irjen Pol M. Iriawan.
DINAMIKARAKYATCOM - Ceramah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq, terkait logo palu arit di uang baru rupiah mendapat tanggapan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan.

"Sebenarnya Bank Indonesia (BI) telah memberikan penjelasan terkait sistem rectroverso yang digunakan dalam cetakan uang kertas baru tersebut," ucap Iriawan di Polda Metro Jaya, Rabu (11/1/2017).

Menurut dia, jika dicermati dan diterawang uang tersebut memiliki dua sisi berbeda, sehingga logo yang berada di uang tersebut bukan logo partai komunis.

"BI sudah menyampaikan ada sistem pengamanan hologram di uang baru. Namanya rectoverso. Jadi dua mata sisi itu berbeda, tapi apabila diterawang ada lambang BI," katanya.

Ceramah Habib Rizieq dalam video yang kini sudah beredar di media sosial, berlanjut kepada pelaporan masyarakat. Karena itu, kata dia, pihaknya harus mendalami kasus dugaan penyebaran berita bohong dan kebencian berbau SARA.

"Tapi karena ada masyarakat lapor tentu polisi harus menanganinya dengan melakukan penyelidikan," ujarnya.

Iriawan menambahkan, dalam kasus ini Habib Rizieq terancam dikenakan pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 ayat 2 Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya akan meminta pendapat ahli terlebih dahulu sebelum menentukan status Habib Rizieq dalam gelar perkara, serta mengumpulkan sejumlah alat bukti.

"Kalau pelaporan kita kenakan pasal 28 ayat 1 ITE itu ujaran kebencian dan kebohongan. Tapi nanti kita melengkapi bukti itu. Tentu kita melakukan gelar perkara. Itu domainnya saksi ahli," kata mantan kapolda Jawa Barat tersebut.

Diketahui, belum lama ini Habib Rizieq dilaporkan dua ormas terkait kasus logo palu arit di uang rupiah baru, yaitu Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) dan Solidaritas Merah Putih (Solmet).

Sumber: Republika

T#g:aritfpihabib rizieqkomunispalupaluaritPKIrupiahuang rupiah
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jan 2017 00:54

    Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Imbau Kader di Seluruh Indonesia

    Imbau itu disampaikan secara tertulis ke masing-masing whatsapp dan grop whatsapp kader-kader muhammadiyah untuk diteruskan ke semua umat islam.

  • Senin, 23 Jan 2017 23:08

    Isi Deklarasi Gerakan Islam Pengawal NKRI

    Lembaga ini didirikan atas pemikiran bersama para ulama Cendikiawan, Akademisi, Tokoh Pemuda/Mahasiswa dan Tokoh Pergerakan Dakwah Islamiyah di Sumatera Utara, dengan melihat kondisi pemerintahan Negara Indonesia saat ini.

  • Senin, 23 Jan 2017 00:35

    Habib Rizieq Diperiksa, Megawati Ulang Tahun

    Kiprah dan peran putri Proklamator RI Soekarno itu masih dibutuhkan untuk mencari solusi atas masalah-masalah kenegaraan dan kebangsaan.

  • Minggu, 22 Jan 2017 23:17

    Pemeriksaan Habib Rizieq, Polda Metro Jaya Sudah Siapkan Personil Hadapi Umat Islam

    Argo mengatakan, jumlah personel polisi pengawal aksi sudah disiapkan.

  • Minggu, 22 Jan 2017 21:35

    Pemuda Masjid Singaraja Bali Galakkan Sholat Qiyamul Lail dan Subuh Berjamaah

    Kegiatan Sholat Qiyamul Lail dan Subuh berjamaah selain untuk memakmurkan Masjid adalah menumbuhkan jiwa persaudaraan di antara umat muslim.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir