• Home
  • Hukum
  • Jelang Demo BEM, Kapolda Sumut Kunjungi 4 Kampus di Medan
Bank Sumut

Jelang Demo BEM, Kapolda Sumut Kunjungi 4 Kampus di Medan

Oleh: Admin
Rabu, 11 Jan 2017 21:57
Dibaca: 463 kali
istimewa
Kapolda Sumut dan Rektor USU.
DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melakukan kunjungan ke sejumlah kampus di Medan, Rabu (11/1/2017), untuk kerjasama membangun pendidikan.

Dalam kunjungan itu, Rycko turut membawa sejumlah bawahannya, antara lain Karo Ops Kombes Pol Imam Prakoso, Karo SDM Kombes Pol Adi Kuntoro, Dirintelkam Kombes Pol Dedy Kusuma Bakti, Dirpamobvit Kombes Pol Hery Subiansauri, Dirbinmas Kombes Pol M Seno Putro, Kabid Humas Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, Koorspripim AKBP Catur.

Sejumlah kampus yang dikunjungi, Universitas Sumatera Utara (USU) di Jalan Dr Mansyur Medan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut di Jalan Pancing Medan, dan Universitas Negeri Medan (Unimed) di Jalan Pancing Medan serta kampus Universitas Nomensen di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.                      
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahmi dan kerjasama dalam membangun dunia pendidikan, khususnya di Sumut.

"Polda Sumut dan sejumlah kampus di Medan melakukan penawaran kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat," ujar Rina.
Dalam kunjungan ke USU, Kapolda Sumut disambut oleh Rektor USU Runtung Sitepu didampingi sejumlah Wakil Rektor USU, Staf Ahli Bidang Akademik, serta Sekretaris Universitas.

"Kita sampaikan pula kepada Bapak Kapolda terkait beberapa asset USU di antaranya lahan Kampus USU di Kuala Bekala dan Perkebunan di Langkat," ujar Runtung.

Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel sendiri menyampaikan rasa terimakasihnya atas sambutan yang diberikan oleh Rektor beserta Wakil walaupun kunjungan tersebut terkesan mendadak.

"Tujuan kedatangan kami kesini adalah untuk mempererat silaturahmi serta ingin membuka komunikasi yang lebih intens untuk mencapai tujuan bersama," kata Rycko.

Pada kesempatan tersebut Rycko juga sempat menjelaskan sejarah berdirinya PTIK yang merupakan kampus tertua di Indonesia dan sebagai perguruan tinggi pertama yang mengajarkan Study Ilmu Kepolisian didunia.

"PTIK dibangun oleh founding father Polri pada tanggal 17 Juni 1946 dan merupakan kampus tertua di Indonesia. Pada dies natalis ke 69 yang jatuh tanggal 17 Juni 2016 yang lalu,  Ilmu Kepolisian sudah diakui sebagai ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu jika diberikan waktu maka saya ingin memberikan kuliah umum tentang ilmu kepolisian yang dapat dikaitkan dengan proses demokrasi," kata Rycko.

Dalam pertemuan itu juga dibahas rencana kerjasama di bidang penelitian identifikasi dan inventarisir berbagai sumber konflik sosial di Sumut. Untuk selanjutnya berdasarkan hasil penelitian bersama dapat diberikan saran dan solusinya kepada para pemangku kepentingan di Sumut. Sehingga dapat melihat dan mengantisipasi lebih awal potensi ancaman kriminal dan konflik yang ada di Sumut.
Polda Sumut dan USU juga akan mengadakan kerjasama dibidang pendidikan untuk membuka kelas bagi polisi yang belum memiliki gelar sarjana, khususnya penyidik untuk belajar di Fakultas Hukum.

"Kapolda Sumut juga menawarkan diri untuk memberikan kuliah umum terkait Ilmu Kepolisian kepada Mahasiswa USU," sebut Rina.

Rencana kerjasama dan kuliah umum bagi mahasiswa disambut baik oleh Rektor USU dan direncanakan dalam waktu dekat akan dibuat perjanjian kerjasama atau MoU.

Selesai di USU, Kapoldasu dan rombongan kemudian bergerak ke kampus yang lain. Sesampainya di Kampus UIN Sumut, Kapolda disambut dengan ramah oleh Rektor UIN, Wakil Rektor, Kepala Biro, Para Dekan, Civitas Akademika dan BEM mahasiswa.

Sementara di kampus Unimed serta kampus Universitas Nomensen, Kapolda dan rombongan diterima Rektor, sejumlah Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas serta Direktur Paska Sarjana.

Sehari sebelumnya, Selasa (10/1/2017), Direktur Pamobvit Polda Sumut Kombes Pol Hery Subiansauri mengumpulkan pengurus Badan Eksekuitf Mahasiswa (BEM) di Hotel JW Marriot Medan. Anehnya, di lokasi tersebut juga hadir perwakilan Podomoro Deli City dan PT Pelindo. (art/drc)

T#g:bemdemokapoldasumahasiswapodomoro
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jan 2017 01:20

    Ketum Depalindo Sumut: Alasan Naiknya Biaya Adalah Tidak Tepat

    Kebijakan tersebut tidaklah sesuai dengan konsep tol laut dan nawacita yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

  • Minggu, 22 Jan 2017 23:41

    Tanggapi Kicaun SBY, Ini Kata Jokowi

    Ini bukan hanya menjadi manfaat tapi juga masalah karena banyaknya informasi yang ternyata tidak benar dan justru menjatuhkan.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 16:34

    Seperti Nusron Wahid, Politikus PDIP: Hanya pak SBY dan Tuhan YME yang tau maksud cuitannya

    Ia juga heran, siapa pihak yang berkuasa menyebarkan fitnah dan berita hoax seperti dimaksud SBY.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 16:21

    Wakil Ketua Komisi III: Pak SBY tidak menyinggung siapa-siapa

    Pak SBY tidak menyinggung siapa-siapa, tapi itu sebagai bentuk kepeduliannya kepada bangsa terhadap berita-berita hoax.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 00:59

    Sindir SBY, Politisi Hanura Bela Jokowi

    Dulu presidennya Pak SBY dengan segala kelebihan dan kekurangan. Sekarang Pak Jokowi dengan segala kelebihan dan kekurangannya pula.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir