• Home
  • Hukum
  • Data Intelkam: Hanya 4 Distributor Petasan Yang Kantongi Izin di Sumut
Bank Sumut

Data Intelkam: Hanya 4 Distributor Petasan Yang Kantongi Izin di Sumut

Senin, 19 Des 2016 20:53
Dibaca: 180 kali
Net
Ilustrasi.

DINAMIKARAKYATCOM - Polda Sumut memastikan hanya empat distributor yang mengantongi izin perdagangan petasan atau mercon sesuai dengan data dari Intelkam.

"Data dari Intelkam Polda Sumut yang kita terima, hanya empat distributor yang mengantongi izin menjual petasan. Kalau masyarakat ingin menjual petasan setidaknya harus mendapatkan foto kopi izin dari empat distributor tersebut," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting, Senin (19/12/2016).

Ini diberlakukan pascakeluarnya maklumat Kapoldasu nomor: Mak/02/XII/2016 tentang pengaturan dan penggunaan bunga api dan larangan penggunaan petasan.


"Penjual petasan musiman jika tidak mengantongi izin dari kepolisian dan distributor resmi, tidak diperbolehkan," tegas Rina.

Maklumat tertanggal 16 Desember 2016 ini dikeluarkan berkaitan dengan pemeliharaan situasi Kamtibmas dan pemahaman terkait penggunaan petasan dan bunga api pada malam perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Dalam maklumat itu dijelaskan, kembang api mainan yang memiliki ukuran diameter kurang dari 2 inci dan kandungan mesiu kurang dari 20 gram tidak menggunakan izin pembelian dan penggunaan dari Kepolisian.

Sedangkan kembang api pertunjukkan (show) berukuran 2 inci hingga 8 inci harus mendapat izin dari kepolisian.


Dalam maklumat itu tertulis penggunaan kembang api dilarang digunakan di tempat peribadatan, perumahan atau pemukiman, rumah sakit, sekolah, bandara, terminal/stasiun/pelabuhan, pusat perbelanjaan, bank, perkantoran pemerintah/swasta dan jalan raya.

Sedangkan untuk semua jenis petasan dilarang digunakan. "Kita sarankan bagi penjual/pengusaha kembang api agar mengurus izin supaya lebih aman. Tidak rugi, kalau misalnya tidak ada izin sewaktu-waktu disita petugas kan rugi," kata Rina.

"Begitu juga dengan tata cara penyimpanan kembang api saat proses pendistribusian harus diketahui. Karena ini berbahaya kalau cara menyimpannya sembarangan," tambahnya. (art/drc)

T#g:merconnatalpetasan
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Jan 2017 15:55

    Tim Saber Pungli OTT PNS Kecamatan Medan Labuhan di Bank Sumut Cabang Belawan

    Mendapat informasi tersebut Tim Saber Pungli menjumpai Zainun disebuah kedai di Jalan Titi Papan, Kecamatan Labuhan Deli untuk mengetahui informasi tersebut.

  • Kamis, 05 Jan 2017 23:49

    Hakim Cuti Natal dan Tahun Baru, Sidang Korupsi Rusunawa Sibolga Ditunda

    Ketua majelis hakim Parlidungan Sinaga yang mengadili perkara korupsi senilai Rp 6,8 miliar tersebut belum masuk kerja seperti biasa.

  • Jumat, 30 Des 2016 20:33

    Gubernur Ajak Umat Kristiani Sumut Ikut Menciptakan Suasana Damai

    Suasana kondusif menjadi prasyarat apabila Sumut ingin membangun kemandirian daerah sebagai pilar kekuatan bangsa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

  • Selasa, 27 Des 2016 22:10

    Sambut Natal dan Tahun Baru 2017, PDAM Tirtanadi Gratiskan Rekening Air Gereja

    Dispensasi pembayaran rekening air bagi gereja yang menjadi pelanggan PDAM Tirtanadi tertuang dalam Keputusan Direksi PDAM Tirtanadi nomor 178/KPTS/2016 tanggal 22 Desember 2016.

  • Senin, 26 Des 2016 23:48

    Gubernur Sumut dan Bupati Humbahas Ucapkan Terimakasih ke Pemerintah Pusat

    Tanpa dukungan pemerintah pusat, pembangunan di daerah tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal. Sebab anggaran ditiap daerah sangatlah terbatas.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir