• Home
  • Hukum
  • Bendera China Berkibar di Ternate Langgar Undang-undang, PT WP Minta Maaf
Bank Sumut

Bendera China Berkibar di Ternate Langgar Undang-undang, PT WP Minta Maaf

Sabtu, 26 Nov 2016 23:17
Dibaca: 688 kali
istimewa
Bendera China berkibar di Ternate diturunkan.

DINAMIKARAKYATCOM - Bendera Republik Rakyat China (RRC) sempat berkibar di Pulau Obi, Ternate, Maluku Utara, Jumat (25/11/2016).


Kepala Sub Dinas Penerangan Umum Dispenal Kolonel Laut Heddy Sakti mengatakan, masyarakat dan aparat yang melihat keadaan itu langsung meminta agar bendera RRC segera diturunkan.

"Semua masyarakat langsung minta diturunkan karena itu melanggar UU. Penurunan itu setelah adanya dialog, perusahaan juga langsung minta maaf," kata Heddy dikutip CNNIndonesia.com, Sabtu (26/11/2016).


Pengibaran bendera asing di tanah air, menurut Heddy, melanggar Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1958 tentang Lambang Negara.

Bendera China itu juga dikibarkan sejajar dengan bendera Merah Putih. Bahkan, menurut Heddy, bendera China memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang Merah Putih.

Heddy menjelaskan, bendera China itu berkibar di dua tempat di Pulau Obi yakni di Dermaga dan lokasi peresmian Ground Breaking Ceremony Projek Smelter PT Wanatiara Persada (WP) sekitar pukul 10.00 WITA.


Menurut Heddy, masyarakat yang melihat pengibaran bendera itu meminta agar segera diturunkan. Setelah berdialog dengan perusahaan itu, bendera China kemudian diturunkan sesuai prosedur dengan tidak boleh menyentuh tanah.

PT Wanatiara Persada yang bertanggung jawab atas kejadian itu meminta maaf karena pengibaran bendera China itu. PT Wanatiara Persada merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tambang nikel di Halmahera Selatan. (art/drc)

T#g:benderachinarrc
Berita Terkait
  • Jumat, 30 Des 2016 17:00

    Tahun 2016, Imigrasi Kemenkuham Sumut Amankan 146 Warga Asing

    Ada 146 WNA berbagai negara diamankan di 6 Kantor Imigrasi di Sumatera Utara, yakni Kantor Imigrasi Klas I Khusus Medan 111 orang, Kantor Imigrasi Klas I Polonia Medan 15 orang.

  • Sabtu, 24 Des 2016 00:08

    Buka Usaha Ekspor Pinang, 4 Warga China Ilegal Ditangkap di Kabupaten Langkat

    Penangkapan keempat warga China ilegal itu berawal dari informasi masyarakat. Keempatnya sudah beberapa bulan tinggal di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan sudah membuka usaha.

  • Rabu, 21 Des 2016 16:59

    Fasilitasi 2 WNA China Masuk Indonesia, Densus 88 Tangkap Jaringan Bahrun Naim

    DINAMIKARAKYATCOM - Seorang terduga teroris Syafii (27) diamankan Densus 88 dari sebuah rumah di Jalan Delitua, Dusun III Ajibaho, Kecamatan Sibiru-biru, Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (21/12/2016)

  • Selasa, 20 Des 2016 22:00

    Warga Turunan China Seragam Polri, Kabid Humas Polda Sumut Berkilah

    DINAMIKARAKYATCOM - Polda Sumut akhirnya angkat bicara soal foto warga turunan China mengenakan seragam Polri yang viral di media sosial (medsos). Dalam foto tersebut terlihat sembilan warga turunan C

  • Selasa, 20 Des 2016 00:37

    Alasan HAM, Bandar Narkoba Keturunan China Batal Dihukum Mati

    DINAMIKARAKYATCOM - Bandar narkoba kelas kakap di Medan, Togiman alias Tony alias Toge, hanya dijatuhi hukuman seumur hidup. Pasangan suami istri yang jadi kaki tangannya Mirawaty alias Achin (33) dan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir