• Home
  • Hukum
  • Polisi Antisipasi Sweeping Atribut Sinterklas di Sumut
Bank Sumut

Polisi Antisipasi Sweeping Atribut Sinterklas di Sumut

Senin, 19 Des 2016 20:33
Dibaca: 428 kali
Net
Ilustrasi.

DINAMIKARAKYATCOM - Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memberikan atensi kepada pimpinan Polres sejajaran untuk mengantisipasi adanya aksi sweeping.

Hal itu menyikapi keluarnya fatwa haram dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 56/2016 tentang memakai atribut siterklas dalam perayaan Natal.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting menyatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan MUI, FKUB dan Forkompimda untuk menyamakan persepsi dan tindakan pencegahan sweeeping tersebut.


Menurutnya, aksi sweeping atribut sinterklas di mall dan tempat lainnya tidak boleh dilakukan. Selain itu, kata Rina, pihaknya juga telah mendatangi ormas-ormas garis keras untuk tidak melakukan aksi sweeping.

"Polri akan melakukan tindakan tegas terhadap siapapun yang melakukan sweeping. Sebab tindakan sweeping yang dilakukan ormas adalah melanggar hukum. Ada pengancaman atau perampasan, itu akan diproses," kata Rina, Senin (19/12/2016).

Lebih lanjut, kata Rina, jika ada karyawan muslim yang bersedia mengenakan topi sinterklas atas kemauan sendiri sebagai bentuk partisipasi dan toleransi perayaan natal bagi umat Kristen, itu tidak dipersoalkan. Artinya, diperbolehkan dan sah-sah saja.


"Yang tidak boleh, kalau pemilik toko non Muslim memaksa karyawan Muslim menggunakan topi sinterklas dengan ancaman dipecat," kata Rina.

Polisi juga tidak boleh melarang karyawan muslim atas keinginannya sendiri untuk memakai topi sinterklas.

"Kalau karyawan muslim karena kemauan sendiri pakai topi sinterklas, lalu disweeping ormas. Ormasnya itu ditangkap karena pengancaman," tandanya. (art/drc)

T#g:MUInatalsinterklas
Berita Terkait
  • Minggu, 22 Jan 2017 18:01

    Deklarasi GIP NKRI, KH Chalid Ridwan: Islam Bersatu Terbukti, Contohnya Sari Roti

    Sebelum tablig akbar, ratusan umat islam yang hadir sejak pagi hari melaksanakan sholat subuh berjama'ah dan sholat dhuha bersama.

  • Rabu, 18 Jan 2017 22:20

    GIP NKRI Undang Ketua GNPF MUI Tablig Akbar di Masjid Agung Medan

    Langkah ini kita buat sebagai bentuk kesiapan umat islam dalam menjaga NKRI dengan kondisi yang terjadi saat ini.

  • Selasa, 17 Jan 2017 23:12

    Soal Dana Haji, Pengamat: Pemerintah Perlu Mendengar Fatwa Ulama

    Jika dibanding dengan kondisi mayoritas miskin di Indonesia yang tertindas secara struktural sejak zaman penjajahan, Orde Lama, Orde Baru dan hingga zaman Jokowi-JK, maka pasti akan terasa bahwa gagasan Lukman Hakim Saifuddin tidak populer.

  • Jumat, 13 Jan 2017 15:55

    Tim Saber Pungli OTT PNS Kecamatan Medan Labuhan di Bank Sumut Cabang Belawan

    Mendapat informasi tersebut Tim Saber Pungli menjumpai Zainun disebuah kedai di Jalan Titi Papan, Kecamatan Labuhan Deli untuk mengetahui informasi tersebut.

  • Kamis, 05 Jan 2017 23:49

    Hakim Cuti Natal dan Tahun Baru, Sidang Korupsi Rusunawa Sibolga Ditunda

    Ketua majelis hakim Parlidungan Sinaga yang mengadili perkara korupsi senilai Rp 6,8 miliar tersebut belum masuk kerja seperti biasa.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir