• Home
  • Hiburan
  • Nasyid Sarana Dakwah Untuk Mendorong Pembangunan Umat
Bank Sumut

Nasyid Sarana Dakwah Untuk Mendorong Pembangunan Umat

Sabtu, 03 Des 2016 00:55
Dibaca: 132 kali
istimewa
Gubernur Sumut dan kepala daerah membuka festival nasyid.

DINAMIKARAKYATCOM - Festival Nasyid XX Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka, Medan, Kamis (1/12/2016) malam, dibuka dengan menabuh rebana (gendang nasyid). Medan selaku tuan rumah berlangsung hingga 6 Desember 2016.

Nasyid merupakan salah satu cabang kesenian yang bernapaskan Islam dan telah berkembang sejak puluhan tahun khususnya di Sumatera Utara. Hampir diseluruh pelosok desa, nasyid berkembang dan digemari serta mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat khususnya generasi muda.

"Seni nasyid memiliki fungsi ganda yaitu satu sisi sebagai sarana dakwah islamiyah dan disisi lain sebagai sarana hiburan dan pertunjukan rakyat yang banyak mengandung puji-pujian kepada Allah SWT dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW," ujar Gubernur Sumut Erry Nuradi pada pembukaan festival.


Hadir dalam acara Walikota Medan Dzulmi Eldin, Walikota Binjai M. Idaham, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pase, anggota DPRD, FKPD Provsu dan Kota Medan, Ketua Harian Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Seni Nasyid (LPPSN) Sumut A Muin Isma Nasution, Buya KH Amiruddin MS, kontingen (kafilah) nasyid Kabupaten kota se-Sumut dan undangan.

Erry mengatakan, lewat syair lagu nasyid yang dikumandangkan yang memiliki makna dan tuntunan diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mengikuti dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Pesan-pesan yang terdapat dalam lirik dan syair nasyid tidak saja mengandung sentuhan seni yang mendalam dan indah, akan tetapi lebih dari pada itu mengetuk nurani manusia agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengetuk pribadi yang memiliki keluhuran budi, yang dalam bahasa agama disebut dengan akhlaqul karimah," ujar Erry.

[asense]
Erry berharap festival nasyid jangan hanya mengejar kejuaraan saja, akan tetapi makna yang disampaikan melalui syair-syairnya dan kualitas penampilannya harus lebih meningkat sehingga nasyid benar-benar berfungsi sebagai sarana dakwah.

"Saya yakin seni nasyid ini tetap diminati masyarakat khususnya para generasi muda bila ditampilkan dengan kreasi-kreasi baru yang berkualitas dari peserta festival," tandas Erry. (art/drc)


T#g:masyid
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Des 2016 20:38

    Jadikan STQ Sarana Pembentukan SDM Berakhlak

    DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menginginkan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-14 dijadikan sebagai salah satu sarana pembentuk SDM yang handal. SDM yang tanggap, cakap dan bera

  • Senin, 19 Des 2016 22:57

    Kasus Penista Agama, Pemuda di Sibolga Gelar Obor Kebhinekaan

    DINAMIKARAKYATCOM - Merespon kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan RZT (22) melalui akun facebook miliknya beberapa waktu lalu, kalangan pemuda di Kota Sibolga, Sumatera Utara, menyebut diri For

  • Senin, 19 Des 2016 21:14

    Pemuda Muhammadiyah Harapkan JPU Dapat Patahkan Eksepsi Ahok

    DINAMIKARAKYATCOM - Sidang kedua kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dilanjutkan pada Selasa (20/12/2016). Agendanya tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU)

  • Jumat, 16 Des 2016 21:26

    Pria Asal Madina Ditangkap Mencuri Kota Infak Anak Yatim di Masjid

    DINAMIKARAKYATCOM - Polisi menangkap seorang maling kotak infak milik anak yatim di masjid Jalan Garu III, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Kamis (15/12/2016). "Tersangka dia

  • Kamis, 15 Des 2016 16:33

    Keluarga Jenderal M Yusuf Bantah Pernyataan Ahok di Persidangan

    DINAMIKARAKYATCOM - Sidangan perdana perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memunculkan cerita baru terutama di kalangan masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan (Sul

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir