• Home
  • Hiburan
  • Kemenpora Proses Status Warga Negara Ezra Walian Balik ke Indonesia
Bank Sumut

Kemenpora Proses Status Warga Negara Ezra Walian Balik ke Indonesia

Oleh: Admin
Senin, 02 Jan 2017 20:07
Dibaca: 270 kali
istimewa
Ezra Walina.
DINAMIKARAKYATCOM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merespon cepat keinginan striker Timnas Belanda U-19, Ezra Walian agar bisa menjadi warga Negara Indonesia.

Menpora Imam Nahrawi menyampaikan, otoritasnya sudah memberikan rekomendasi kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) agar bisa memproses cepat pergantian paspor pemain milik Ajax Amsterdam tersebut.

Dalam rekomendasi bernomor S./MENPORA/XII/2016 diterangkan, Kemenpora menyambut baik keinginan Ezra pindah kewarganegaraan dari Belanda menjadi Indonesia. Keinginan pemain 19 tahun tersebut agar bisa memperkuat skuat Timnas Garuda.
"Mohon perkenan menteri (Hukum dan HAM) untuk memproses pemberian hak kewarganegaraan bagi atlet yang dimaksud (Ezra), sesuai dengan UU 12/2006," demikian dalam surat rekomendasi yang dikeluarkan akhir Desember 2016.

Juru Bicara Kemenpora Gatot, kepada republika.co.id, Senin (2/1/2016), membenarkan surat rekomendasi percepatan pemberian kewarganegaraan tersebut.

Gatot mengatakan, Kemenpora sebagai otoritas yang berkaitan dengan keolahragaan punya kewajiban memberikan fasilitas berupa kemudahan perpindahan warga negara atau naturalisasi bagi para atlet.

"Benar, kami sudah merekomendasikan itu ke Kemenkumham akhir Desember lalu," katanya.
Saat ini, Ezra masih berkewarganegaraan Belanda. Namun, usianya memungkinkan dia memilih sendiri status kewarganegaraan.

Pilihan Ezra pindah warga negara, lantaran punya keterikatan keturunan dari leluhurnya. Ezra mengaku keinginannya menjadi warga negara Indonesia lantaran ingin memperkuat Timnas Garuda.

Ezra lahir dan besar di Negeri Kincir Angin. Namun bapaknya, asli Indonesia tulen dari Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Sedangkan, ibunya asli Belanda.

PSSI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pekan lalu, mengaku siap membantu kepindahan warga negara tersebut. (art/drc)
T#g:ezra waliankemenporankripssitimnas belandatimnas garuda
Berita Terkait
  • Senin, 23 Jan 2017 23:08

    Isi Deklarasi Gerakan Islam Pengawal NKRI

    Lembaga ini didirikan atas pemikiran bersama para ulama Cendikiawan, Akademisi, Tokoh Pemuda/Mahasiswa dan Tokoh Pergerakan Dakwah Islamiyah di Sumatera Utara, dengan melihat kondisi pemerintahan Negara Indonesia saat ini.

  • Minggu, 22 Jan 2017 18:01

    Deklarasi GIP NKRI, KH Chalid Ridwan: Islam Bersatu Terbukti, Contohnya Sari Roti

    Sebelum tablig akbar, ratusan umat islam yang hadir sejak pagi hari melaksanakan sholat subuh berjama'ah dan sholat dhuha bersama.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 15:28

    Menjawab Keresahan Bangsa, Diskusi Forum Kebangsaan Hasilkan 11 Petisi Untuk Jokowi

    Diskusi yang dilaksanakan untuk menjawab keresahan ormas dan lembaga terhadap permasalahan bangsa.

  • Jumat, 20 Jan 2017 21:45

    Belasan Massa Serukan Kebhinekaan di Kantor Gubernur Sumut, Sayangnya Tidak Ditanggapi

    Massa GMP NKRI yang dikoordinir Rahmansyah Putra Sirait menyerukan kepada semua elemen bangsa agar tetap pada komitmen kebhinekaan dan setia menjaga persatuan di NKRI berdasarkan pancasila sehingga tercipta situasi keamanan dan ketertiban.

  • Jumat, 20 Jan 2017 00:17

    Menurut Tito, Kasus Yang Menjerat Habib Rizieq Merupakan Isu Sensitif

    Kasus-kasus yang menjerat nama pimpinan FPI ini merupakan isu sensitif dan telah dilaporkan di sejumlah daerah.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir