• Home
  • Ekonomi
  • Ratusan Ribu TKA Cina Ilegal Tersebar di 20 Provinsi
Bank Sumut

Ratusan Ribu TKA Cina Ilegal Tersebar di 20 Provinsi

Oleh: Admin
Kamis, 05 Jan 2017 23:14
Dibaca: 155 kali
istimewa
Said iqbal.
DINAMIKARAKYATCOM - Ada ratusan ribu Tenaga Kerja Asing (TKA) diduga ilegal asal Cina yang memadati empat sektor industri. Ratusan TKA ilegal tersebut tersebar di 20 provinsi.

Berdasarkan data yang dihimpun KSPI dari 20 provinsi, tercatat ada lebih dari 100 ribu TKA ilegal asal Cina.

"Mereka bekerja di empat sektor, yakni PLTU, pengolahan tambang (smelter), pariwisata dan hiburan," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal kepada Republika di Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Para TKA itu diduga ilegal karena menyalahgunakan izin wisata untuk bekerja. Penyalahgunaan izin ini dipicu penerapan bebas visa oleh pemerintah beberapa waktu lalu. KSPI berencana membuka posko pelaporan TKA ilegal di 20 provinsi.

Posko antara lain akan dibuka di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Selain itu, KSPI juga berencana menggelar aksi massa pada 10 Februari mendatang. Ada 10 ribu massa dari Jabodetabek yang akan turun ikut aksi di Istana Negara.

KSPI menyerukan setop penerimaan TKI ilegal asal Cina. "Secara jangka panjang penerimaan TKI asal Cina ini tentu menurunkan kesempatan kerja masyarakat lokal, " katanya. (art/drc) 
T#g:BuruhcinaKSPIsaid iqbal kspitka cinatka ilegal
Berita Terkait
  • Minggu, 22 Jan 2017 20:15

    Gubernur Sumut dan Wakil Walikota Medan Hadiri Perayaan Imlek di Konjen RRC

    Akhirnya Gubernur mengucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini dan apabila ada kendala agar diadakan pertemuan bersama kembali.

  • Sabtu, 21 Jan 2017 17:14

    Banyak TKA Cina Ilegal di PLTU Paluh Kuro Belum Tersentuh Hukum

    Proyek PLTU tersebut mulai dikerjakan sejak tahun 2015. Dan salama medio 2016, DPRD Sumut khususnya Komisi D dan E telah berulang kali mendesak pihak imigrasi dan kepolisian untuk meindak, akan tetapi tidak juga dilakukan.

  • Rabu, 18 Jan 2017 21:02

    Rumor Miring Pemufakatan Jahat DPD KSPSI Sumut Terjawab

    Beredar rumor miring seolah DPD KSPSI menggiring SPA membuat permufakatan jahat dengan asosiasi pengusaha untuk merugikan pekerja dan buruh.

  • Selasa, 17 Jan 2017 21:55

    Rektor UMS Ingatkan Pemerintah Agar Hati-hati Dengan Cina

    Ia berpandangan pemerintah akan lebih baik menjalin kerja sama dengan negara-neagar yang mempunyai lebih banyak modal namun kekurangan tenaga kerja seperti Jerman dan Jepang.

  • Jumat, 13 Jan 2017 20:31

    32 PSK Asing Tarif Rp 4 Juta Diamankan Imigrasi

    Para PSK juga mengaku dibayar Rp 1.750.000 hingga Rp 4.000.000 untuk sekali melayani pria hidung belang.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir