Stop Pukat

  • Home
  • Ekonomi
  • Baru 6 Perusahaan di Sumut Manfaatkan Pasar Modal, Antaranya Bank Sumut
Bank Sumut
Selasa, 18 Oktober 2016 | 21:32:43

Baru 6 Perusahaan di Sumut Manfaatkan Pasar Modal, Antaranya Bank Sumut

istimewa
Sosialisasi pasar modal di Sumut.
Share

DINAMIKARAKYATCOM - Pengusaha di Sumatera Utara diharapkan mampu memanfaatkan pasar modal (bursa efek) untuk mendukung pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur.

"Ini penting, sebab  para pengusaha dapat memanfaatkan pasar modal untuk pendanaan dengan dana murah dan jangka panjang," ujar Gubernur Sumut Erry Nuradi saat membuka sosialisasi Pasar Modal sebagai pendanaan bagi pengembangan industri di daerah, di Ballroom Grand Aston Hotel, Medan, Selasa (18/10/2016).

Erry menyebutkan, Sumatera Utara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di Indonesia, dan Kota Medan merupakan kota terbesar ke tiga sangat memungkinkan untuk emiten-emiten (perusahaan-perusahaan) yang ada di provinsi ini masuk dalam bursa efek.

Di Sumatera hanya enam emiten (perusahaan) yang baru masuk dalam bursa efek dari total 600 lebih perusahaan yang ada Indonesia.



"Jadi persentasenya masih sangat kecil sekali. Dengan adanya sosialisasi ini ke depannya semakin banyak emiten-emiten yang tercatat di bursa efek di Jakarta," tutur Erry.

Erry menambahkan bahwa masih sedikitnya perusahaan di Sumut yang memanfaatkan pasar modal sebagai sumber pendanaan usaha karena kurangnya pemahaman di kalangan para pengusaha, khususnya yang ada di Sumatera Utara. "Inilah pentingnya dilakukan sosialisasi," cetus Erry.

"Selain untuk pengembangan perusahaan yang ada di Sumut dengan pemahaman manfaat dari pasar modal ini juga dapat mendukung pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur yang lebih guna menunjang peningkatan perekonomian daerah," tandas Erry.

Sementara, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida, mengatan kegiatan sosialisasi ini dimaksud untuk lebih menyebarkan informasi pasar modal kepada pelaku usaha di daerah. Sehingga pemanfaatan pasar modal di daerah sebagai sumber pendanaan dapat ditingkatkan, khususnya mendorong pengembangan usaha.



"Semakin banyak perusahaan di daerah yang melakukan initial public offering (IPO) tentunya akan meningkatkan perekonomian darah dan mendorong munculnya sentra-sentra ekonomi yang lebih menyebar, tidak hanya terkonsentrasi di daerah tertentu," katanya.

Menurutnya, pendanaan melalui pasar modal memiliki nilai tambah tersendiri bagi dunia usaha khususnya maupun masyarakat secara umum. Pasar modal mempertemukan langsung kelebihan dana pada masyarakat dengan kebutuhan dana perusahaan.

"Sehingga diharapkan biaya modal (cost of fund) pendanaan dari pasar modal akan lebih rendah," terangnya.

Provinsi Sumatera Utara saat ini baru terdapat 6 perusahaan yang telah memanfaatkan pasar modal sebagai sumber pendanaan, baik dari penerbitan saham maupun obligasi. PT Toba Pulp Lestari Tbk, PT Bank Sumut, PT Bank Mestika Dharma Tbk, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Pembangunan Graha Lestari Indah Tbk dan PT Atmindo Tbk. (art/drc)

Terkait Lainnya
  • kemarin

    GNPF MUI Medan Apresiasi Pernyataan Sikap Gubernur Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Koordinator Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Medan Prabu Alam memberikan apresiasi atas pernyataan sikap G

  • 2 hari lalu

    Gubernur Sumut Ingatkan Reformasi Keuangan Pemerintah Daerah

    DINAMIKRAKYATCOM - Pemerintah daerah harus mencari cara dan mekanisme untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

  • 2 hari lalu

    Erry Nuradi Penanggung Jawab Satgas Saber Pungli Sumut

    DINAMIKARAKYATCOM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara resmi membentuk Satgas Saber Pungli sekaligus penandatanganan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Pelayanan

  • 2 hari lalu

    Listrik Terapung Investor Korea di Danau Toba Beroprasi Maret 2018

    DINAMIKARAKYATCOM - Rencana investor asal Korea Environmental Industy dan Technology Instute (KEITI) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di perai

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2016 Dinamika Rakyat. All Rights Reserved