• Home
  • Ekonomi
  • BBPOM Musnahkan 52 Truk Barang Ilegal Senilai Rp 6,4 Miliar
Bank Sumut

BBPOM Musnahkan 52 Truk Barang Ilegal Senilai Rp 6,4 Miliar

Selasa, 13 Des 2016 21:51
Dibaca: 121 kali
istimewa
Pemusnahan barang ilegal BBPOM Medan.

DINAMIKARAKYATCOM - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) memusnahkan barang-barang ilegal yang tak layak konsumsi senilai Rp 6,4 miliar dengan cara dibakar di kantor BBPOM Medan, Jalan Willem Iskandar, Medan, Selasa (13/12/2016).

Pemusnahan barang berupa makanan, minuman‎, obat tradisional, dan komestik sebanyak 52 truk. Seluruh barang diamankan dan dimusnahkan dari peredaran karena tidak memenuhi standar regulasi kesehatan dan konsumsi.

"Ada 346 jenis, totalnya 396.849 kemasan. Mulai dari makanan, minuman, obat tradisional dan kosmetik yang tidak memiliki izin edar," ujar Kepala BBPOM Medan M. Ali Bata Harahap.


Barang-barang itu merupakan hasil pengawasan dan penangkapan selama tahun 2016. Selain di halaman kantor BBPOM Medan. pemusnahan dilakukan di tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Tandukan Raga, STM Hilir, Deliserdang.

Dia menuturkan barang-barang tersebut hasil pengawasan di 25 lokasi terpisah di Medan dan sejumlah daerah di Sumatera Utara.

‎"Selama tahun 2016, ada 22 kasus yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan sudah enam perkara yang disidangkan dan punya keputusan hukum tetap," tutur Ali.


Ali merincikan produk yang dimusnahkan terdiri dari 122 jenis obat tradisional, 164 jenis kosmetik dan 60 jenis pangan. Dari keseluruhan produk yang paling berbahaya adalah jenis obat kuat.

"Semuanya adalah produk ilegal dan ini sangat berbahaya untuk konsumen. Kami terus melakukan upaya pengawasan, penindakan dan pemberantasan produk ilegal," jelasnya. (art/drc) ‎

T#g:kosmetik
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir