Bank Sumut

Waspadai Bencana: Sumut Dapat Helikopter dari Basarnas

Oleh: Admin
Selasa, 10 Jan 2017 22:53
Dibaca: 98 kali
istimewa
Gubernur Sumur Erry Nuradi menerima helikopter dari Basarnas.
DINAMIKARAKYATCOM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menerima satu unit helikopter jenis AW139 buatan Italia tahun 2016 dari Badan SAR Nasional (Basarnas). Helikopter ini menjadi salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan bencana di Sumut.

"Saya ingatkan bupati dan walikota se-Sumatera Utara agar senantiasa mewaspadai bencana seperti longsor dan banjir," ucap Gubernur Sumut Erry Nuradi usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama operasional helikopter SAR Provinsi Sumut dengan Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya FHB Sulistiyo di Pangkalan Udara Lanud Soewondo Medan, Selasa (10/1/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut para Deputi SAR Nasional, Forum Koordinasi Pimpinan Sumut, Danlanud Soewondo Medan, dan para perwakilan Organisasi Kemasyarakatan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Erry mengatakan bahwa berdasarkan geografis, geologis, demografis dan klimatologis Provinsi Sumut, masuk dalam kategori rawan bencana. Baik disebabkan faktor alam, non alam, dan perbuatan manusia.

Hal ini juga diperkuat dengan indeks resiko bencana tahun 2015 bahwa dari 33 Kabupaten Kota di Sumut masuk dalam kategori tinggi sehingga memerlukan investigasi, kesiapan, kesiagaan dalam menghadapinya.

Termasuk melakukan tindakan cepat, tepat, terkoordinir dan terpadu sehingga penyelenggaraan penanggulangan bencana bisa efektif dan efisien untuk mengurangi resiko kematian dan kerugian harta benda. Oleh karenanya dibutuhkan keterlibatan lembaga, badan dan berbagai pihak melalui koordinasi dan terintergrasi secara baik.

"Hari ini kita melihat satu unit heli yang cukup canggih dan menjadi kebanggaan kita bersama. Tentunya keberadaan heli ini memberikan dukungan kapasitas baik sarana dan prasarana maupun kompetensi sumber daya manusia dalam kesiapsiagaan, pencarian dan pertolongan korban bencana," ujar Erry.

Erry menyebutkan beberapa bencana alam yang terjadi di wilayah Sumut diantaranya gempa bumi, gunung api, tsunami, banjir, tanah longsor,  kebakaran hutan dan lahan, serta bencana sosial lainnya. Oleh karena perlu adanya upaya yang dilakukan untuk menurunkan indeks dari resiko bencana tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprovsu adalah dengan menyurati ke Kabupaten Kota agar meningkatkan kewaspadaan bencana banjir dan tanah longsor sejak bulan November 2016 hingga Februari 2017 karena kondisi iklim yang ekstrim.

Erry menjelaskan penempatan heli SAR di Medan tidak lepas dari permohonan pihaknya kepada SAR Nasional melihat kondisi Sumut dan beberapa Provinsi sekitarnya yang rawan bencana.

"Alhamdulillah permohonan kita itu disetujui. Kita patut berterima kasih kepada Kepala SAR Nasional dan Basarnas. Kita berharap heli Basarnas ini bekerja khususnya program kemanusian dan kegiatan lain. Mudah-mudahan ini akan bermanfaat," tutur Erry. (art/drc)
T#g:bencanagubsuPemprovsuSAR
Berita Terkait
  • Senin, 23 Jan 2017 00:19

    Pria Ini Pemilik P3nis Terbesar di Dunia, Mau Tau Ukurannya?

    Roberto pengin anunya yang luar biasa juga masuk rekor dunia.

  • Minggu, 22 Jan 2017 16:49

    KAM Medan Berangkat ke Jakarta Kawal Pemeriksaan Habib Rizieq

    Habib Rizieq merupakan tokoh islam yang saat ini getol menyuarakan perlawanan terhadap komunisme di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

  • Sabtu, 21 Jan 2017 16:01

    Dampingi Pemeriksaan Habib Rizieq, Polda Metro Jaya Minta Syarat ke FPI

    Tentunya kalau ada pengerahan massa harus pemberitahuan dulu ke kepolisian, kan massanya banyak, berkumpulnya orang banyak kan harus pemberitahuan dulu.

  • Jumat, 20 Jan 2017 01:45

    Fenomena Habib Rizieq: Mulai dari Penista Agama, Ideologi Hingga Fatwa MUI

    Jika barisan politik praktis sudah diamankan, bagaimana dengan para ulama? Ternyata ulama selama ini tidak dapat dijangkau, dan terutama dengan kejadian Aksi Bela Islam I, II dan III.

  • Jumat, 20 Jan 2017 00:17

    Menurut Tito, Kasus Yang Menjerat Habib Rizieq Merupakan Isu Sensitif

    Kasus-kasus yang menjerat nama pimpinan FPI ini merupakan isu sensitif dan telah dilaporkan di sejumlah daerah.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 dinamikarakyat.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir